Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft: Android di Xiaomi Mi4 Bisa Diganti Windows 10

Kompas.com - 19/03/2015, 13:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Smartphone Xiaomi Mi4 menjalankan Windows 10

KOMPAS.com - Pengguna smartphone Xiaomi Mi4 di Tiongkok bakal mendapatkan alternatif sistem operasi selain Android. Sistem operasi yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah Windows 10.

Sietem operasi tersebut rencananya bakal disalurkan sebagai custom ROM, lengkap dengan aneka layanan Microsoft, sebagai bagian dari sebuah ujicoba yang digelar oleh raksasa software itu.

“Pengguna Xiaomi Mi4 akan bisa mem-flash ponsel mereka dengan OS Windows 10 serta memberikan masukan ke Xiaomi dan Microsoft,” tulis Microsoft dalam sebuah pernyataan yang dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechnica, Rabu (19/3/2015).

Sistem operasi Windows memang bisa berjalan di ponsel Android. Ini karena beberapa waktu lalu Microsoft dengan sengaja mengubah persyaratan hardware Windows agar cocok dengan perangkat yang biasanya menjalankan Android.

Contoh lain dari ponsel Android yang juga menawarkan Windows adalah HTC One (M8). Bedanya dengan Xiaomi Mi 4 kali ini, HTC One (M8) datang dengan Windwos 8.1 dari pabrik, sementara pengguna Mi4 bisa memilih apakah akan memakai Windows 10 atau Android.

Xiaomi Mi 4 bakal menjadi smartphone Windows 10 dengan spesifikasi paling canggih, mencakup layar 5 inci full-HD (1920x1080), prosesor Snapdragon 801, RAM 3 GB, baterai 3.080 mAh, serta kamera 13 megapixel dan 8 megapixel.  

Sedikit berbeda dari pernyataan Microsoft, Xiaomi sendiri menekankan tidak menjalin kemitraan dengan Microsoft.

Menurut pabrikan yang sedang naik daun ini, penawaran Windows 10 untuk mengguna Mi 4 tak lebih dari bantuan yang diberikan dalam rangka uji coba Microsoft.

Posisi Windows 10 dalam hal ini serupa dengan custom ROM lain yang juga bisa dipasang ke ponsel Android Mi4, seperti misalnya bikinan Cyanogen, Tencent, atau Baidu.

Mengapa Tiongkok? Negeri Tirai Bambu kemungkinan dipilih oleh Microsoft lantaran banyak pengguna Android Tiongkok memiliki kebiasaan memakai ROM alternatif. Terlebih karena layanan Google Play Store sangat terbatas di sana, sehingga pengguna terpaksa bergantung pada layanan pihak ketiga.

Sementara itu, Xiaomi dikenal memiliki komunitas yang setia memberikan masukan mengenai software sehingga ideal untuk dijadikan basis ujicoba Windows 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com