Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Sebesar Flashdisk Kuat Jalankan Windows 10

Kompas.com - 23/03/2015, 08:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Lucoms

KOMPAS.com - Komputer yang satu ini panjangnya cuma 11 cm dengan bobot 46 gram, kurang lebih sebanding dengan USB flash disk atau dongle. Tapi ia sanggup menjalankan sistem operasi Windows 10 yang akan diluncurkan Microsoft pada sekitar pertengahan tahun 2015.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Register, Senin (23/3/2015), komputer mini bernama Lucoms itu diperkenalkan di Korea Selatan oleh Microsoft yang tak lain dan tak bukan adalah sang pembuat Windows 10.

Spesifikasinya belum diungkapkan secara detail, hanya disebutkan bahwa ia ditenagai prosesor buatan Intel, RAM 1 GB/ 2GB, serta media penyimpanan 16/ 32 GB yang masih bisa dikembangkan lebih lanjut dengan memakai kartu memori micro-SD hingga 64 GB.

Informasi soal beberapa komponen di atas bersesuaian dengan persyaratan minimal yang diajukan Microsoft untuk komputer agar sanggup menjalankan Windows 10.

Lucoms menyalurkan output display lewat port HDMI yang bisa ditampilkan oleh monitor atau televisi. Sebuah port USB dan mini-USB masing-masing disertakan untuk keperluan memasang aksesori USB dan memasok daya listrik.

Konsep komputer mini seperti Lucom terdengar masuk akal di Korea Selatan, karena warga Negeri Ginseng itu banyak yang tinggal di apartemen sempit sehingga membutuhkan komputer berukuran sekecil mungkin. Sebuah PC yang bisa ditancapkan langsung ke televisi tentu akan menghemat tempat.

Lucoms rencananya bakal mulai dijual di Korea Selatan pada Mei mendatang. Belum ada informasi mengenai harga dan kemungkinan ketersediaannya di negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com