Kompas.com - 23/03/2015, 10:11 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang bersih-bersih di App Store. Menurut informasi dari berbagai pihak, Apple kali ini sedang berusaha untuk menghapus aplikasi antivirus dan anti-malware dari toko digital tersebut. Mengapa?

Hingga saat ini, Apple memang belum memberikan pernyataan resminya. Namun, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Sabtu (21/3/2015), kemungkinan besar, perusahaan yang berpusat di Cupertino ini ingin memberikan kesan aman pada penggunanya, khususnya untuk sistem operasi iOS.

Apple tidak ingin, dengan adanya begitu banyak aplikasi antivirus, sistem operasi mobile milik mereka itu dicap tidak aman oleh para penggunanya.

Laporan mengenai penghapusan aplikasi keamanan jaringan itu dilaporkan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Intego, perusahaan di balik sebuah aplikasi bernama VirusBarrier.

Menurut Intego, pada awalnya, Apple menghapus aplikasi milik mereka karena dianggap tidak memberikan deskripsi artikel yang benar.

Percobaan untuk mengunggah kembali aplikasi tersebut juga gagal, meskipun mereka telah memberikan deskripsi yang berbeda dan lebih jelas.

Masih menurut Intego, perusahaan lain yang bergerak di bidang keamanan jaringan lain pun mengeluhkan hal yang sama.

Uniknya, aplikasi milik Intego tersebut sebenarnya berfungsi untuk memindai virus yang ada di e-mail dah file yang terletak di cloud, bukan sistem perangkat. Anehnya, Apple masih menghapus aplikasi tersebut.

Bagaimana dengan nasib aplikasi antivirus yang sudah diinstalasi di perangkat? Aplikasi tersebut tetap akan ada di perangkat. Akan tetapi, apabila perangkat di-reset atau aplikasi dihapus, pengguna sudah tidak akan bisa lagi mencarinya di App Store.

Artinya, pengguna akan kehilangan aplikasi tersebut, setidaknya Apple memperbarui kebijakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.