Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Hapus Antivirus dari App Store

Kompas.com - 23/03/2015, 10:11 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan sedang bersih-bersih di App Store. Menurut informasi dari berbagai pihak, Apple kali ini sedang berusaha untuk menghapus aplikasi antivirus dan anti-malware dari toko digital tersebut. Mengapa?

Hingga saat ini, Apple memang belum memberikan pernyataan resminya. Namun, seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Sabtu (21/3/2015), kemungkinan besar, perusahaan yang berpusat di Cupertino ini ingin memberikan kesan aman pada penggunanya, khususnya untuk sistem operasi iOS.

Apple tidak ingin, dengan adanya begitu banyak aplikasi antivirus, sistem operasi mobile milik mereka itu dicap tidak aman oleh para penggunanya.

Laporan mengenai penghapusan aplikasi keamanan jaringan itu dilaporkan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Intego, perusahaan di balik sebuah aplikasi bernama VirusBarrier.

Menurut Intego, pada awalnya, Apple menghapus aplikasi milik mereka karena dianggap tidak memberikan deskripsi artikel yang benar.

Percobaan untuk mengunggah kembali aplikasi tersebut juga gagal, meskipun mereka telah memberikan deskripsi yang berbeda dan lebih jelas.

Masih menurut Intego, perusahaan lain yang bergerak di bidang keamanan jaringan lain pun mengeluhkan hal yang sama.

Uniknya, aplikasi milik Intego tersebut sebenarnya berfungsi untuk memindai virus yang ada di e-mail dah file yang terletak di cloud, bukan sistem perangkat. Anehnya, Apple masih menghapus aplikasi tersebut.

Bagaimana dengan nasib aplikasi antivirus yang sudah diinstalasi di perangkat? Aplikasi tersebut tetap akan ada di perangkat. Akan tetapi, apabila perangkat di-reset atau aplikasi dihapus, pengguna sudah tidak akan bisa lagi mencarinya di App Store.

Artinya, pengguna akan kehilangan aplikasi tersebut, setidaknya Apple memperbarui kebijakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com