Kompas.com - 23/03/2015, 10:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Xiaomi Mi4 menggunakan Windows 10

KOMPAS.com - Selain  spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 10 di komputer desktop dan laptop, Microsoft turut menjelaskan rentang spesifikasi yang diperlukan untuk Windows 10 versi smartphone.

Menurut informasi yang dirangkum Kompas Tekno dari PC World, Senin (23/3/2015), smartphone Windows 10 diharuskan memiliki setidaknya media penyimpanan sebesar 4 GB, RAM 512 MB, serta pengolah grafis yang mendukung API Direct X 9 dan resolusi layar 800x480.

Keperluan lain mencakup kelngkapan standar seperti layar touchscreen, modul Wi-Fi 802.11b/g, serta sensor, seperti accelerometer dan gyroscope.

Persyaratan di atas berlaku sebagai batas minimum untuk menjalankan Windows 10 di ponsel dengan bentang layar 3 inci. Kebutuhan RAM akan meningkat seiring dengan semakin lebarnya ukuran layar.

Microsoft menyebutkan bahwa ponsel Windows 10 bisa memiliki ukuran layar hingga selebar 8 inci dengan resolusi mencapai 2560x2048.

Angka di atas jauh lebih besar dibanding sistem operasi ponsel Windwos Phone saat ini yang hanya mendukung resolusi maksimal 1920x1080.

Microsoft
Persyaratan untuk Windows 10 versi smartphone

Menariknya, untuk Windows 10 versi desktop dan tablet, Microsoft mensyaratkan ukuran layar paling tidak 7 inci. Boleh jadi nantinya akan ada smartphone Windows 10 yang memiliki ukuran layar lebih lebar dari tablet atau PC berbasis Windows 10.

Perlu ditambahkan bahwa persyaratan Windows 10 untuk smartphone seperti yang dijelaskan Microsoft hanya berlaku sebagai patokan bagi para produsen perangkat.

Hanya karena Windows 10 mendukung ukuran layar hingga 8 inci di smartphone, misalnya, bukan berarti akan muncul ponsel pintar yang benar-benar memiliki ukuran layar tersebut.

Pun demikian, tetap saja persyaratan ini memberikan gambaran beragamnya jenis perangkat ponsel yang bisa menjalankan Windows 10 nanti, mulai dari model terbawah dengan RAM 512 MB dan layar 3 inci, hingga yang teratas dengan RAM 4 GB dan layar 8 inci tadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber PCWorld

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.