Windows 10 Punya Fitur "Intip" Kegiatan Pengguna

Kompas.com - 23/03/2015, 12:43 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Serangkaian screenshot mengungkap keberadaan fitur "intip pada Windows 10 versi smartphone. Sistem operasi buatan Microsoft itu mampu mencatat kegiatan penggunanya.

Kemampuan tersebut diperoleh melalui sensor yang ada di dalam perangkat bersistem operasi Windows 10 untuk smartphone. Sensor tersebut tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa dengan berbagai macam kegunaan.

Seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (23/3/2015), sensor-sensor baru yang dimaksud antara lain berupa barometer; proximity (deteksi keberadaan orang); long range; custom sensors; environmental (suhu, kelembaban, kadar karbondioksida, hingga intensitas sinar UV).

Phone Arena
Sejumlah fitur yang kemungkinan bisa digunakan dengan memanfaatkan sensor baru pada Windows Phone 10
Selain itu, ada juga sensor biometric untuk mengukur detak jantung; pelacak aktivitas untuk menentukan apakah pengguna sedang berlari, berjalan atau bersepeda; altimeter untuk mengukur ketinggian dan pedometer untuk mencatat langkah.

Soal fungsi sensor, contohnya ketika penggunanya bergerak maka pelacak aktivitas akan mendeteksi apakah gerakan tersebut berlari, mengendarai sepeda, berjalan atau mengemudi mobil. Sensor juga bisa medeteksi apakah sedang digenggam tangan pengguna atau tidak.

Deteksi tersebut termasuk membaca situasi ponsel, sedang berada di balik kantung pakaian, celana, atau jaket. Kemudian bisa juga membaca apakah pponsel dsedang di dalam tas tangan, dompet atau tas punggung.

Semua aktivitas pengguna selama 30 hari terakhir dapat diawasi serta dicatat menggunakan semua sensor-sensor tersebut.

Bukti keberadaan sensor ini diketahui dari screenshot sebuah ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Screenshot tersebut diketahui muncul dalam presentasi di Windows Hardware Engineering Community (WinEHC) di Shenzhen, Tiongkok beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.