Kompas.com - 23/03/2015, 14:44 WIB
Bilal, robot pintar yang bisa mengajarkan tata cara shalat KickStarterBilal, robot pintar yang bisa mengajarkan tata cara shalat
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Kesibukan dunia kerja sering kali membuat orangtua luput mengajarkan ilmu keagamaan kepada anak. Berangkat dari situ, perusahaan Connecticut As-Siraat Enterprises (ASE) menggodok robot pintar bernama "Bilal".

Robot yang berjalan dengan sistem operasi Android ini dirancang untuk mengajarkan tata cara shalat yang benar kepada anak. ASE menganggap robot merupakan media yang cocok untuk menyalurkan pendidikan pada era modern seperti sekarang.

"Kita saat ini berada pada era ketika perhatian anak-anak lebih tertuju pada perangkat teknologi yang menghibur ketimbang pendidikan standar," begitu tertera pada situs resmi Bilal yang dikutip KompasTekno, Senin (23/3/2015).

ASE juga beranggapan bahwa pengajaran tradisional tak lagi menarik minat anak-anak untuk mempelajari hal baru. "Bilal hadir untuk memastikan anak-anak tertarik dan terhibur, sekaligus terdidik secara religi," kata mereka.

Selain mengajar tata cara shalat, robot pintar yang dikonsepkan sejak 2009 ini juga mumpuni dalam mengajar matematika, alfabet, frasa, dan bahasa Arab.

KickStarter
Bibal, robot pintar yang bisa mengajarkan tata cara shalat
Proyek ini dimotori langsung oleh pendiri ASE, Nimer Mohammed Ead. Untuk mewujudkan robot Bilal, ASE memerlukan dana yang tak kecil. Untuk itu, ASE mencoba menghimpun dana di situs penghimpun dana KickStarter.

Dari situs tersebut, robot Bilal dapat dimiliki mulai dari harga 99 dollar AS. Netizen juga bisa sekadar menyumbang proyek tersebut dengan donasi mulai 25 dollar AS.

Berdasarkan pantauan, hingga kini proyek tersebut telah mengantongi dana sebesar 814 dollar AS atau setara Rp 10 juta. Angka ini masih terpaut jauh dari target yang dipatok sebesar 560.000 dollar AS atau setara Rp 7 miliar.

Untuk sementara, Bilal baru bisa dipesan di Amerika Serikat. Belum jelas kapan robot ini akan berekspansi ke pasar yang lebih luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.