Kompas.com - 23/03/2015, 15:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Belakangan, beberapa layanan chat mulai menyematkan fitur telepon pada layanannya. Diawali Line, kemudian beberapa saat lalu WhatsApp, dan kini Facebook Messenger pun diduga bakal meramaikan aplikasinya dengan kemampuan menelepon.

Dilansir KompasTekno, Senin (23/3/2015) dari AndroidPolice, dugaan tersebut muncul gara-gara ada icon telepon yang tiba-tiba terpatri pada aplikasi Facebook Messenger. Padahal, belum ada perilisan resmi dari Facebook atas pemutakhiran ini.

Bahkan, dinamai apa fitur tersebut belum pula bisa dipastikan. Bisa jadi "Facebook Call", "Facebook Phone" atau apapun yang ada di benak para penggodok fitur ini. Disinyalir, fitur tersebut untuk sementara masih dalam tahap uji coba.

Saat ini, baru pekerja internal Facebook yang bisa mengaksesnya dengan menggunakan intranet perusahaan. Jika pengguna biasa hendak meng-install fitur yang tersemat itu, rentetan kalimat penolakan bakal muncul. "no page found" atau "tak ada halaman ditemukan", begitu bunyi kalimatnya.

Belum jelas pula apakah fungsi fitur ber-icon telepon biru ini benar-benar untuk menelepon gratis layaknya pada aplikasi Line, atau ada fungsi lain yang dikembangkan. Jika dilihat dari sepatah kata penjelasan di fiturnya, tampaknya Facebook tak ingin sekadar menelurkan fitur telepon standar.

"Aplikasi ini menunjukkan kamu info terkait siapa yang menelepon. Selain itu juga bakal memutus akses panggilan dari nomor-nomor yang biasanya diblok," begitu penjelasan singkat dari fitur tersebut.

Jika diartikan secara sederhana, maksud penjabaran itu agaknya mirip dengan aplikasi Whitepages Caller ID. Yakni aplikasi yang digunakan untuk mengetahui identitas nomor pemanggil walau pengguna belum menyimpan nomor tersebut.

Selain itu, Whitepages Caller ID juga bisa memblok dan melaporkan nomor-nomor tertentu sebagai spam. Sehingga, hanya nomor-nomor yang diinginkan yang bisa berhubungan dengan pengguna.

Bagaimanapun detail fungsi fitur baru Facebook ini belum diketahui. Waktu pasti fitur ini bakal diluncurkan untuk umum juga belum bisa dipatok. Bahkan konfirmasi Facebook terkait rencananya ini juga belum jelas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.