Ini Dua Ponsel Samsung Bertenaga Matahari

Kompas.com - 23/03/2015, 16:17 WIB
Logo Samsung SamsungLogo Samsung
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Siapa sangka, Samsung pernah membuktikan, sebuah ponsel dapat dibuat sangat ramah lingkungan. Beberapa tahun silam, perusahaan asal Korea Selatan tersebut pernah merilis ponsel yang dapat diisi dayanya langsung dari cahaya matahari.

Tidak tanggung-tanggung, Samsung pernah merilis dua perangkat dengan spesifikasi tersebut di tahun yang sama, yakni 2009. Produk tersebut dinamakan Guru E1107 dan Blue Earth.

Samsung Guru E1107

Ini merupakan ponsel pertama dari Samsung, dan juga pertama di dunia, yang memiliki kemampuan pengisian daya memanfaatkan cahaya matahari.

Phone Arena Samsung E110

Seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Senin (23/3/2015), Samsung meletakkan panel solar di bagian belakang Guru E1107.

Saat dijemur di bawah sinar matahari, perangkat tersebut secara otomatis akan mengisi daya. Akan tetapi, daya yang diisinya tidak akan terlalu banyak. Butuh sekitar 1 jam agar perangkat tersebut memiliki daya yang cukup untuk kegiatan panggilan suara atau telepon selama 5 hingga 10 menit.

Tentu saja, selain dengan menggunakan tenaga matahari, Guru E1107 dapat diisi dayanya langsung melalui sumber listrik. Jika dalam keadaan penuh, ponsel tersebut dapat digunakan untuk menelepon hingga 8 jam.

Ponsel yang memiliki layar sebesar 1,52 inci ini sendiri ditargetkan untuk beberapa negara berkembang, di mana sumber listrik masih sangat sulit ditemukan. Pada saat peluncurannya tersebut, beberapa negara yang kebagian ponsel ini adalah India dan Pakistan.

Samsung Guru E1107 tidak hadir dengan fitur yang terlalu wah. Dapat dikatakan, ia hanya mampu mengakomodir kebutuhan dasar dari pengguna, seperti menelepon, pesan singkat SMS, dan mendengarkan radio.

Samsung Blue Earth

Beberapa saat setelah merilis Guru E1107, Samsung merilis ponsel dengan panel solar lainnya, yang dinamakan Blue Earth. Berbeda dari perangkat awalnya, produk yang dapat diartikan sebagai "Bumi Biru" itu hadir dengan fitur yang lebih canggih.

Phone Arena
Samsung Blue Earth
Perangkat ini bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya, menonton video streaming via YouTube, dan juga GPS. Tentu saja, fungsi telepon dan SMS masih ada di perangkat ini.

Ia bisa terhubung ke internet melalui jaringan WiFi dan juga 3G.

Sama dengan Guru E1107, panel solar di perangkat ini diletakkan di bagian belakang. Jika diisi selama 1 jam, perangkat ini akan mendapatkan tenaga untuk menelepon selama kurang lebih 10 menit.

Hingga saat ini, Samsung belum lagi memperkenalkan perangkat yang dapat diisi dayanya dengan tenaga cahaya matahari. Apakah untuk ke depannya, Samsung, dan mungkin, perusahaan lain, akan berminat untuk merilis perangkat ponsel ramah lingkungan lainnya? Kita tunggu saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X