Smartfren Kucurkan Dana untuk "Pengoprek Android" Cyanogen

Kompas.com - 24/03/2015, 10:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler PT Smartfren Telecom diketahui turut menanam investasi melalui pendanaan seri C untuk perusahaan pembuat custom ROM Android, Cyanogen. Soal kucuran dana tersebut disebutkan dalam keterangan resmi dari Cyanogen, Senin (23/3//2015) waktu setempat.

Selain Smartfren yang getol merilis smartphone Android di Indonesia, tercatat sejumlah perusahaan besar lain yang ikut serta dalam pendanaan tersebut.

Pendanaan tersebut dikelola oleh Premji Invest dan melibatkan Twitter Ventures, Qualcomm Incorporated, Telefónica Ventures, Smartfren Telecom, Index Ventures, Access Industries, Rupert Murdoch, Vivi Nevo serta sejumlah perusahaan lain yang belum diumumkan.

Dari pendanaan tersebut terkumpul dana sebesar 80 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,036 triliun yang akan digunakan Cyanogen untuk "mengoprek" Android.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan platform komputasi terbuka yang bisa menjadi penggerak seluruh ekosistem mobile, dari pengembang aplikasi hingga produsen piranti keras. Dan yang lebih penting lagi, untuk pengguna gadget di seluruh dunia," tulis Chief Executive Officer Cyanogen Kirt McMaster seperti dikutip KompasTekno dari keterangan resminya, Selasa (24/3/2015).

"Kami sangat senang karena memperoleh dukungan dari beragam investor penting yang mendorong kami membangun Android yang benar-benar terbuka," imbuhnya.

Hingga saat ini Cyanogen telah memperoleh total pendanaan 110 juta dollar AS. Perusahaan ini terkenal dengan sistem operasi Cyanogen OS buatannya serta proyek open source CyanogenMod.

Cyanogen juga dikenal memiliki cita-cita membuat perangkat Android yang lebih terbuka, tidak lagi bergantung pada Google.

Saat ini, custom ROM Android buatan Cyanogen diklaim telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna mobile di seluruh dunia, sebagian besar mengganti sistem operasi awal smartphone-nya dengan Cyanogen. OnePlus One adalah salah satu smartphone Android yang menggunakan custom ROM tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.