Posisi Transjakarta Bisa Dipantau "Real Time"

Kompas.com - 24/03/2015, 16:05 WIB
Tampilan Smart City Jakarta Smart City JakartaTampilan Smart City Jakarta
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Posisi transjakarta kini bisa dipantau secara real time atau langsung dari semua perangkat yang terhubung ke internet, seperti PC, smartphone, dan tablet. Fasilitas tersebut pun dapat digunakan secara mudah dan gratis.

Untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna tidak perlu menginstalasi aplikasi apa pun di perangkatnya. Pengguna cukup membuka browser atau peramban, lalu mengunjungi situs www.smartcityjakarta.com.

Di situs tersebut, pengguna nantinya dapat memantau posisi transjakarta yang tersebar di Ibu Kota. Bus-bus tersebut digambarkan dengan sebuah pin berwarna biru.

Selain itu, terdapat juga berbagai pin berwarna merah yang melambangkan posisi selter atau halte yang dimiliki oleh Transjakarta.

Saat dicoba oleh KompasTekno, fasilitas tersebut benar-benar menyajikan informasi yang real time. Fitur yang satu ini memang memanfaatkan perangkat GPS yang terpasang di tiap kendaraan untuk menyajikan informasi seakurat mungkin.

Saat pin berwarna biru ditekan, ada informasi yang disajikan perihal di koridor mana bus tersebut beroperasi, nomor operasi, kecepatan laju bus, dan informasi tanggal saat ini. Sementara itu, jika pin merah ditekan, akan muncul informasi nama selter.

Meski mampu menampilkan informasi dengan akurat, beberapa kekurangan minor masih terlihat. Salah satunya, sistem tidak menunjukkan ke arah mana bus sedang berjalan. Pengguna harus mengamati fasilitas ini selama beberapa saat untuk mendapatkan jawabannya.

Selain itu, posisi pengguna saat membuka layanan tersebut pun tidak dideteksi di dalam peta, sementara posisi bus terdekat dari selter tidak diberitahukan.

Beberapa pin bus tampak terlihat menumpuk di satu lokasi. Saat diklik, bus-bus tersebut terlihat dalam kondisi diam atau tidak melaju sama sekali. Tampaknya, bus ini sedang beristirahat di pool, tetapi sistem GPS tetap berjalan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X