Cyanogen Ingin Microsoft Gantikan Google di Android

Kompas.com - 25/03/2015, 11:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - CEO Cyanogen, Kirk McMaster berambisi untuk menyingkirkan dominasi Google atas Android. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, McMaster mengungkap salah satu strateginya adalah dengan bermitra dengan raksasa software, Microsoft.

Kerjasama tersebut belum diumumkan secara resmi, namun McMaster mengatakan strategi tersebut akan berperan penting bagi Cyanogen.

Dikutip KompasTekno dari Readwrite, Selasa (24/3/2015), dengan berpartner dengan Microsoft, maka Cyanogen akan mengganti layanan-layanan Google dalam perangkat yang menggunakan OS-nya, CyanogenMod dengan layanan serupa yang dimiliki Microsoft.

Aplikasi-aplikasi Google yang akan diganti antara lain adalah toko aplikasi Google Play Store, Google Search, layanan e-mail Gmail, dan Google Maps.

Seperti diketahui, saat ini jika para fans Cyanogen melakukan rooting perangkat Android, memasang CyanogenMod menggantikan OS stok Android, mereka juga harus mengunduh dan meng-install layanan Google satu per satu.

Dengan bekerjasama dengan Microsoft, maka Cyanogen akan menyederhanakan proses rooting tersebut, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi layanan Google karena aplikasi serupa telah disediakan, walau berasal dari pengembang yang berbeda.

Microsoft sendiri diketahui memiliki aplikasi-aplikasi yang memiliki layanan yang serupa Google, seperti mesin pencari Bing, e-mail, dan calendar Outlook, serta OneDrive untuk layanan penyimpanan cloud.

Tentu saja, pengguna masih memiliki kebebasan untuk memasang aplikasi layanan Google. Namun jika Microsoft bisa membuat aplikasi Outlook, Bing, dan Office dengan lebih baik, maka hal itu bisa membuat pengguna beralih ke layanan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.