Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Facebook Tiru Aplikasi Timehop

Kompas.com - 25/03/2015, 12:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook memperkenalkan fitur baru yang disebut dengan "On This Day." Fitur tersebut bekerja layaknya aplikasi Timehop, yaitu menampilkan nostalgia di jejaring sosial penggunanya di masa lalu.

Pantauan KompasTekno, fitur On This Day untuk saat ini belum bisa diakses dari wilayah Indonesia. Namun menurut Tech Crunch, Selasa (25/3/2015), On This Day akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari ke depan.

Setelah resmi diluncurkan nanti, fitur On This Day akan bisa diakses melalui menu Bookmarks Facebook, Search, News Feed atau melalui URL https://www.facebook.com/onthisday

Facebook juga akan memberikan notifikasi opt-in untuk aplikasi Facebook di iOS, Android, mobile web dan desktop, bagi pengguna yang ingin mengadopsinya.

Hal-hal yang ditampilkan dalam On This Day adalah postingan Facebook, baik berupa update status maupun foto yang diunggah dalam rentang waktu tertentu.

Untuk foto, On This Day keluaran Facebook akan menampilkan data hingga satu tahun yang lalu. Sementara update status, On This Day akan menampilkan data selama empat tahun ke belakang.

Belum ada pilihan untuk keluar dari layanan On This Day (opt out), namun Facebook mengatakan telah membuat algoritma sehingga fitur On This Day tidak akan menampilkan kenangan buruk.

Fitur On This Day sebenarnya telah dimulai oleh Facebook sejak 2010 lalu. Setelah melihat kesuksesan Timehop yang memiliki 6 juta pengguna harian di perangkat mobile, nampaknya Facebook juga mulai tertarik untuk memberikan layanan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com