Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tagihan Bisa Lewat Gmail?

Kompas.com - 25/03/2015, 12:58 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Selain layanan e-mail, Gmail kerap digunakan sebagai media pertukaran pesan dan dokumen. Kini layanan Google tersebut bakal mengakomodir fasilitas baru, yakni sebagai platform pembayaran tagihan.

Dilansir KompasTekno, Rabu (25/3/2015) dari Cnet, fitur pembayaran Gmail sementara dinamai "Pony Express". Masih belum pasti apakah nama itu bakal jadi nama final untuk fitur ini atau hanya sebagai kode dari penggodokan fitur pembayaran Gmail.

Tujuan Pony Express seyogyanya untuk mempermudah pengguna melakukan pembayaran elektronik ketika sedang makan, belanja, atau melakukan pembelian lainnya.

Pony Express juga bakal memisahkan tagihan yang harus dibayarkan pengguna dan temannya melalui akun Gmail masing-masing, jika belanja dan makan dilakukan bersama-sama.

Lalu, bagaimana memanfaatkan fitur ini? Selama pengguna memiliki akun Gmail, tak ada keruwetan untuk memanfaatkan Pony Express. Pengguna hanya perlu menuliskan nama lengkap, alamat e-mail dan nomor Social Security melalui perusahaan pihak ketiga. Setelah teregister, pengguna dapat membayar tagihan melalui Gmail.

Layanan ini akan langsung tertaut ke akun bank pengguna. Namun, untuk memanfaatkannya, tentu diperlukan sosialisasi mendalam dari pihak Google ke perusahaan-perusahaan pihak ketiga. Karena implementasi transaksi elektronik ini juga membutuhkan kesiapan perusahaan-perusahaan lain.

Disinyalir, fitur ini sudah bisa dinikmati pada kuartal IV tahun ini. Tapi juru bicara Google belum mau menanggapi soal isu ini.

Masuk akal rasanya jika Gmail mengekspansi layanannya ke transaksi online. Pasalnya, saat ini sudah banyak kegiatan masyarakat yang bisa dilakukan melalui komputer dan gadget. Dalam hal ini, transaksi keuangan adalah satu dari banyak kegiatan vital manusia sehari-hari.

Jika benar rencana ini bakal segera direalisasikan, sekitar 425 juta pengguna Gmail boleh bersenang hati dan barangkali bakal lebih loyal dengan Google. Tapi, harus pula dipastikan bagaimana mekanisme keamanan dan privasi informasi pengguna melalui transaksi online ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com