BlackBerry Lawas Masih Juara di Jaringan Telkomsel

Kompas.com - 25/03/2015, 18:13 WIB
BlackBerry Classic (kanan) bersanding dengan BlackBerry Bold 9900 (tengah) dan BlackBerry Q10 Weibo.comBlackBerry Classic (kanan) bersanding dengan BlackBerry Bold 9900 (tengah) dan BlackBerry Q10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun setelah diluncurkan, ponsel BlackBerry tipe-tipe terbaru yang berbasis sistem operasi BlackBerry OS 10 rupanya belum kunjung berhasil melewati saudaranya sendiri, perangkat BlackBerry lawas dengan sistem operasi BlackBerry OS 7.

Setidaknya hal itu terjadi di jaringan operator seluler Telkomsel. Vice President Pre-paid and Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan bahwa jumlah pelanggan yang memakai ponsel BlackBerry OS 10 di jaringannya masih jauh lebih sedikit dibandingkan mereka yang menggunakan perangkat berbasis BlackBerry OS 7.

"Proporsinya mungkin 80: 20, untuk perbandingan pengguna BlackBerry OS 7 dengan BlackBerry Os 10," kata Ririn ketika ditemui Kompas Tekno di sela acara peluncuran smartphone BlackBerry Classic di Jakarta (25/3/2015).

Menurut Ririn, masih tingginya angka pengguna BlackBerry OS 7 di jaringan Telkomsel disebabkan oleh penjualan perangkat Blackberry di Indonesia yang masih didominasi oleh aneka handset lawas, seperti seri Curve dan Bold.

Jumlah pengguna smartphone BlackBerry di jaringan Telkomsel sendiri masih terhitung tinggi. Ririn menerangkan bahwa, dari 40 juta pelanggan smartphone Telkomsel, sebanyak 40 persen di antaranya memakai ponsel BlackBerry.

"Angka 40 persen itu gabungan antara pengguna BlackBerry OS 7 dan BlackBerry OS 10," imbuhnya.

Sistem operasi BlackBerry 10 memulai debutnya melalui model perdana BlackBerry Z10 yang diluncurkan pada Januari 2013 dan memasuki pasaran Indonesia pada bulan Maret tahun yang sama.

Hingga kini BlackBerry telah meluncurkan beberapa model ponsel lain yang berbasis sistem operasi BlackBerry 10, yakni BlackBerry Q10, Q5, Z30, Passport, dan yang terbaru BlackBerry Classic.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X