Kompas.com - 26/03/2015, 11:30 WIB
Pengguna kini bisa memasang aplikasi buatan pengembang lain ke dalam Facebook Messenger FacebookPengguna kini bisa memasang aplikasi buatan pengembang lain ke dalam Facebook Messenger
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook melakukan perubahan signifikan pada Messenger buatan mereka. Aplikasi berkirim pesan tersebut berubah menjadi platform yang bisa dipasangi aplikasi lain di dalamnya.

Dalam blog resminya, Kamis (26/3/2015), mereka mengumumkan sudah ada lebih dari 40 aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat dipasang di dalam Messenger. Seluruhnya berfungsi memberikan nuansa berbeda pada percakapan antar-pengguna.

Contohnya, bila sebelumnya pengguna hanya bisa berkirim stiker, kali ini mereka bisa memasang aplikasi Giphy untuk mengirimkan gambar GIF yang bergerak-gerak. Selain GIF, ada juga pilihan aplikasi lain seperti foto, video dan cuplikan suara.

"Aplikasi Messenger Platform bisa menampilkan pilihan memasang aplikasi lain di dalam Messenger, atau pengguna juga bisa membalas pesan menggunakan konten yang ada dalam alikasi dimaksud," tulis Lexy Franklin, Product Manager Facebook, seperti dikutip KompasTekno.

"Jika penerima pesan belum memiliki aplikasi yang sesuai, mereka bisa memilih opsi Install yang akan langsung membuka toko aplikasi yang tepat di halaman yang dicari. Artinya, orang-orang akan bisa menemukan aplikasi sesuai rekomendasi temannya melalui percakapan alami," imbuhnya.

Messenger Jadi Facebook Phone

Facebook pernah memiliki ambisi mengeluarkan ponsel milik mereka sendiri. Ambisi tersebut telah sempat menghasilkan HTC First, Facebook Home bahkan Messenger Chat Heads.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, dilansir KompasTekno dari TheNextWeb, perubahan baru pada Messenger ini bisa dikatakan sebagai cara baru untuk mewujudkan Facebook Phone. Alasannya adalah kemampuan aplikasi tersebut untuk menyematkan aplikasi lain di dalamnya.

The Next Web
Aplikasi milik Facebook Messenger memiliki tanda khusus di sisi kanan bawah ikonnya

Setiap aplikasi yang terhubung atau dipasang dari dalam Messenger, akan memiliki tanda khusus di sisi kanan bawahnya. Tanda tersebut adalah ikon Facebook Messenger.

Ini disinyalir akan mengubah pola pemasangan aplikasi orang-orang, mereka akan memiliki sejumlah aplikasi yang tidak menyatu dengan Messenger serta sejumlah lain yang menyatu dengannya.

Nantinya, ponsel pengguna pun seperti berubah menjadi Facebook Phone seiring makin banyak aplikasi yang menyatu dengan Messenger dan menampilkan ikon khas mereka di sisi kanan bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.