Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Kini Bisa "Disuntik" Aplikasi Lain

Kompas.com - 26/03/2015, 11:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook melakukan perubahan signifikan pada Messenger buatan mereka. Aplikasi berkirim pesan tersebut berubah menjadi platform yang bisa dipasangi aplikasi lain di dalamnya.

Dalam blog resminya, Kamis (26/3/2015), mereka mengumumkan sudah ada lebih dari 40 aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat dipasang di dalam Messenger. Seluruhnya berfungsi memberikan nuansa berbeda pada percakapan antar-pengguna.

Contohnya, bila sebelumnya pengguna hanya bisa berkirim stiker, kali ini mereka bisa memasang aplikasi Giphy untuk mengirimkan gambar GIF yang bergerak-gerak. Selain GIF, ada juga pilihan aplikasi lain seperti foto, video dan cuplikan suara.

"Aplikasi Messenger Platform bisa menampilkan pilihan memasang aplikasi lain di dalam Messenger, atau pengguna juga bisa membalas pesan menggunakan konten yang ada dalam alikasi dimaksud," tulis Lexy Franklin, Product Manager Facebook, seperti dikutip KompasTekno.

"Jika penerima pesan belum memiliki aplikasi yang sesuai, mereka bisa memilih opsi Install yang akan langsung membuka toko aplikasi yang tepat di halaman yang dicari. Artinya, orang-orang akan bisa menemukan aplikasi sesuai rekomendasi temannya melalui percakapan alami," imbuhnya.

Messenger Jadi Facebook Phone

Facebook pernah memiliki ambisi mengeluarkan ponsel milik mereka sendiri. Ambisi tersebut telah sempat menghasilkan HTC First, Facebook Home bahkan Messenger Chat Heads.

Kini, dilansir KompasTekno dari TheNextWeb, perubahan baru pada Messenger ini bisa dikatakan sebagai cara baru untuk mewujudkan Facebook Phone. Alasannya adalah kemampuan aplikasi tersebut untuk menyematkan aplikasi lain di dalamnya.

The Next Web
Aplikasi milik Facebook Messenger memiliki tanda khusus di sisi kanan bawah ikonnya

Setiap aplikasi yang terhubung atau dipasang dari dalam Messenger, akan memiliki tanda khusus di sisi kanan bawahnya. Tanda tersebut adalah ikon Facebook Messenger.

Ini disinyalir akan mengubah pola pemasangan aplikasi orang-orang, mereka akan memiliki sejumlah aplikasi yang tidak menyatu dengan Messenger serta sejumlah lain yang menyatu dengannya.

Nantinya, ponsel pengguna pun seperti berubah menjadi Facebook Phone seiring makin banyak aplikasi yang menyatu dengan Messenger dan menampilkan ikon khas mereka di sisi kanan bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com