Kompas.com - 26/03/2015, 16:00 WIB
CEO Twitter Dick Costolo di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (26/3/2015) Icha RastikaCEO Twitter Dick Costolo di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (26/3/2015)
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
DEPOK, KOMPAS.com — "Saya selalu mendorong anak muda yang belum masuk ke jenjang perguruan tinggi untuk mengejar gelar ilmu komputer." Itulah petuah yang diucapkan oleh Dick Costolo, CEO Twitter, saat membuka pertemuan dan diskusi dengan mahasiswa di Universitas Indonesia, Kamis (26/3/2015) pagi.

Ya, petinggi dari situs linimasa populer Twitter ini ternyata sangat menyarankan anak muda yang ingin masuk ke dunia kuliah untuk mengambil jurusan ilmu komputer atau computer science. Pertanyaannya, mengapa Costolo bisa sampai memberikan saran yang sangat spesifik seperti itu?

Dengan tidak mengurangi peran yang sama pentingnya dengan jurusan lain, Costolo membeberkan bahwa ternyata lulusan dari ilmu komputer saat ini sangat dibutuhkan.

Hal tersebut terlihat dari sulitnya perusahaan sekelas Twitter dan perusahaan teknologi informasi lainnya untuk mencari tenaga kerja dalam bidang tersebut.

"Selalu ada kebutuhan yang besar untuk kemampuan ilmu komputer. Di San Francisco sendiri, antara Twitter, Uber, Airbnb, dan Pinterest, kompetisi untuk mendapatkan orang dengan kemampuan ilmu komputer sangat tinggi," ujar Costolo.

Selain itu, masih menurut Costolo, dengan kemampuan ilmu komputer, seseorang bisa melakukan apa saja yang diinginkan di dunia pekerjaan. Dengan kemampuan ini, orang tersebut pun bisa mengejar apa pun yang diinginkan, bahkan bisa memulai pekerjaan sendiri sebagai wirausaha.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Costolo memang melakukan berbagai aktivitas. Pada hari Kamis ini, ia memulai aktivitas dengan mengunjungi Universitas Indonesia dan bertukar pikiran dengan mahasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, Costolo bertemu dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla.

Costolo juga dijadwalkan untuk meresmikan kantor cabang Twitter di Jakarta. Kantor itu sendiri terletak di lantai 15 gedung One Pacific Place.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.