Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Depan Mahasiswa UI, CEO Twitter Sebut Jurusan Favorit

Kompas.com - 26/03/2015, 16:00 WIB
Deliusno

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — "Saya selalu mendorong anak muda yang belum masuk ke jenjang perguruan tinggi untuk mengejar gelar ilmu komputer." Itulah petuah yang diucapkan oleh Dick Costolo, CEO Twitter, saat membuka pertemuan dan diskusi dengan mahasiswa di Universitas Indonesia, Kamis (26/3/2015) pagi.

Ya, petinggi dari situs linimasa populer Twitter ini ternyata sangat menyarankan anak muda yang ingin masuk ke dunia kuliah untuk mengambil jurusan ilmu komputer atau computer science. Pertanyaannya, mengapa Costolo bisa sampai memberikan saran yang sangat spesifik seperti itu?

Dengan tidak mengurangi peran yang sama pentingnya dengan jurusan lain, Costolo membeberkan bahwa ternyata lulusan dari ilmu komputer saat ini sangat dibutuhkan.

Hal tersebut terlihat dari sulitnya perusahaan sekelas Twitter dan perusahaan teknologi informasi lainnya untuk mencari tenaga kerja dalam bidang tersebut.

"Selalu ada kebutuhan yang besar untuk kemampuan ilmu komputer. Di San Francisco sendiri, antara Twitter, Uber, Airbnb, dan Pinterest, kompetisi untuk mendapatkan orang dengan kemampuan ilmu komputer sangat tinggi," ujar Costolo.

Selain itu, masih menurut Costolo, dengan kemampuan ilmu komputer, seseorang bisa melakukan apa saja yang diinginkan di dunia pekerjaan. Dengan kemampuan ini, orang tersebut pun bisa mengejar apa pun yang diinginkan, bahkan bisa memulai pekerjaan sendiri sebagai wirausaha.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Costolo memang melakukan berbagai aktivitas. Pada hari Kamis ini, ia memulai aktivitas dengan mengunjungi Universitas Indonesia dan bertukar pikiran dengan mahasiswa.

Setelah itu, Costolo bertemu dengan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla.

Costolo juga dijadwalkan untuk meresmikan kantor cabang Twitter di Jakarta. Kantor itu sendiri terletak di lantai 15 gedung One Pacific Place.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com