Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Twitter Bicarakan Keunikan Pengguna Medsos Indonesia

Kompas.com - 26/03/2015, 16:26 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna media sosial (medsos) di Indonesia ternyata punya keunikan tersendiri di mata CEO Twitter Dick Costolo. Ia mengungkapkan pendapatnya tersebut dalam acara Media Roundtable di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

"Para pengguna medsos di sini sangat cepat dalam mengadopsi berbagai macam media sosial dan memakainya secara bergantian setiap hari," kata orang nomor satu di Twitter itu.

Kebiasaan pengguna medsos di Indonesia ini menurut dia berbeda dengan para pengguna medsos di negara lain.

"Di belahan dunia selebihnya, orang-orang cenderung memilih satu aplikasi medsos dan memakai yang itu saja. Baru belakangan mereka mulai memakai banyak aplikasi sekaligus seperti pengguna di Indonesia," imbuh Costolo.

Lantaran sifat orang Indonesia yang disebutnya "technologically sophisticated" itulah, Twitter memandang negeri ini sebagai pasar yang menyimpan potensi luar biasa.

"Hal itu, digabungkan dengan harga perangkat yang semakin murah dan peningkatan kecepatan koneksi internet, membuat Indonesia jadi pasar yang sangat potensial buat kami," katanya lagi.

Costolo tidak mengungkapkan jumlah pengguna layanannya di Indonesia, tapi dia mengatakan bahwa Indonesia sudah menjadi salah satu basis pengguna terbesar di masa-masa awal Twitter hingga kini.

Sebagai ilustrasi mengenai besarnya peran pengguna Indonesia di Twitter, Business Head Twitter Indonesia Rick Mulia memberikan sedikit gambaran.

"Tahun lalu saja jumlah tweet terbesar kedua datangnya dari Indonesia, yakni soal Pemilu Presiden 2014 dan hanya kalah dari tweet soal piala Oscar," kata Rick yang menjadi pegawai Twitter pertama di Indonesia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com