Foto Nongkrong Jadi Bukti Chrome "Mencintai" IE

Kompas.com - 27/03/2015, 19:17 WIB
Tim browser Microsoft dan Google Chrome nongkrong bareng arstechnicaTim browser Microsoft dan Google Chrome nongkrong bareng
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, foto yang memperlihatkan kebersamaan tim Google Chrome dan tim browser Microsoft mencuat di Twitter. Foto itu diunggah pengembang web Microsoft Rey Bango dan kemudian diunggah kembali oleh teknisi software Chrome Rick Byers.

Kedua kutub tampak akrab menghabiskan waktu makan siang di sebuah kafe. Judul foto yang diunggah pun cukup memancing respon para netizen. "Bukti bahwa tim Microsoft dan Google saling mencintai," begitu tertulis.

Ternyata ada udang di balik batu. Kebersamaan tersebut ujung-ujungnya mengarah pada kerjasama bisnis antar raksasa teknologi yang saling bersaing.

Dilansir KompasTekno, Jumat (27/3/2015) dari ArsTechnica, Byers mengumumkan bahwa Chrome bakal mengadopsi sistem antarmuka "Pointer Events" milik Microsoft Internet Explorer.

Bagi yang belum tahu, Pointer Events adalah kombinasi dari interaksi sentuhan, arahan mouse, dan stylus saat sedang berkelana di dunia maya melalui browser. Sistem ini telah lama diterapkan Internet Explorer. Menyusul, Firefox pun menggunakan Pointer Events walau hanya untuk beberapa versi.

Sebelumnya, Chrome pernah menolak untuk mendukung pemakaian Pointer Events pada layanannya. Tampaknya kini Chrome rela "menelan ludah sendiri" karena tahu pentingnya Pointer Events. Tak hanya untuk kemudahan pengguna, tetapi juga bagi pengembang web.

Scott Gonzalez, pengembang web dari Microsoft mengungkap bagaimana timnya terbantu dengan adanya Pointer Events. Menurutnya, kode yang tersemat untuk Pointer Events memiliki tingkat fleksibilitas tinggi untuk disematkan di berbagai perangkat.

"Sistem tersebut mendukung semua input yang lazim digunakan perangkat saat ini, yakni mouse, stylus, dan jari. Pointer Events juga dirancang untuk memudahkan penyematannya pada perangkat-perangkat di masa depan. Kodenya bisa diaplikasikan secara otomatis ke berbagai perangkat," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X