Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2015, 09:08 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Harian Jerman, Bild, mengabarkan bahwa pilot atau kapten penerbangan Germanwings 4U9525 mencoba masuk ke dalam kokpit dengan menggedor pintu menggunakan sebuah kapak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapten Patrick Sondenheimer yang keluar dari kokpit tidak bisa masuk kembali karena kopilot Andreas Lubitz mengunci pintu dari dalam, dan membawa pesawat Airbus A320 itu turun menabrak gunung.

Menurut rekaman cockpit voice recorder (CVR) yang dijelaskan oleh jaksa di Marseille, Perancis, pilot memang terdengar berusaha masuk ke dalam kokpit dengan menggedor-gedor pintu, tetapi tidak jelas alat apa yang dipakai untuk menggedor.

Pada Jumat (27/3/2015), koran harian berbahasa Jerman, Bild, dikutip oleh Daily Mail menulis bahwa pilot Sondenheimer menggedor pintu kokpit dengan sebuah kapak.

Pihak maskapai Germanwings mengatakan, pesawatnya memang dilengkapi dengan kapak untuk keadaan darurat. Namun, di sisi lain, Germanwings juga tidak bisa mengonfirmasi bahwa pilot Sondenheimer berusaha mendobrak pintu kokpit dengan kapak atau dengan peralatan lain di galley.

Kampak memang menjadi perlengkapan darurat dalam pesawat A320. Namun, menurut penelusuran KompasTekno dari dokumen yang dirilis Airbus, perlengkapan kapak tersebut harus tersimpan di dalam kokpit, di partisi kokpit sebelah belakang kursi kopilot.

Temuan yang diungkap oleh harian Bild juga belum bisa dikonfirmasi baik oleh pihak investigator ataupun maskapai Germanwings sendiri.

Yang pasti, suara rekaman kokpit menunjukkan pintu digedor-gedor dari sebelah luar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.