Kompas.com - 28/03/2015, 15:08 WIB
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur Call kembali muncul dalam WhatsApp. Meski tampaknya masih berupa uji coba saja, kini ada beberapa pengguna yang sudah bisa mencicipinya.

Fitur ini membuat pengguna WhatsApp bisa melakukan panggilan telepon via koneksi internet. Namun cara mengaktifkannya saat ini masih tergolong sulit, karena pengguna mesti mendapat "undangan".

Menurut pantauan KompasTekno, Jumat (27/3/2015), fitur Call ini bisa diaktifkan dengan syarat berikut.

Pertama yang mesti dilakukan adalah memperbarui WhatsApp ke versi 2.12.16. Aplikasi versi tersebut dapat diunduh di halaman resmi WhatsApp melalui link ini.

Langkah kedua adalah yang tersulit. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda harus mendapat panggilan dari pengguna lain yang sudah lebih dulu mengaktifkan WhatsApp Call.

Panggilan ini pun mesti dijawab dan dipakai mengobrol beberapa saat agar nomor penerima panggilan juga mendapat fitur serupa. Bila fitur ini berhasil aktif, tampilan WhatsApp di ponsel akan berubah.

Screenshot
Sebelum mengaktifkan Call, pastikan WhatsApp sudah versi terbaru. Jika fitur Call sudah aktif, tampilan aplikasi akan berubah
Sekarang akan terlihat ada tiga buah tab yang membagi tampilan WhatsApp, yaitu Call, Chat dan Contact. Ketika dibuka, tab Call akan menampilkan riwayat panggilan masuk, panggilan keluar serta panggilan yang diterima.

Pada setiap kontak atau obrolan yang terbuka pun muncul ikon telepon di bagian atasnya. Jika sudah berubah seperti itu, setiap panggilan yang dilakukan melalui WhatsApp akan otomatis menggunakan fitur Call.

screenshot
Setelah Call aktif, akan muncul logo telepon pada nomor kontak dan semua panggilan melalui WhatsApp akan menggunakan koneksi internet
Sebelumnya, sekitar sebulan lalu WhatsApp juga sempat membuka undangan untuk fitur ini. Namun semuanya tanpa pemberitahuan. Kini undangan tersebut sudah dibuka lagi, meski tidak jelas kapan akan ditutup.

Saat ini satu-satunya cara adalah dengan mendapatkan telepon dari pengguna lain yang sudah mengaktifkan WhatsApp Call. Tanpa panggilan tersebut, sayangnya, Anda tidak bisa mencobanya dan mesti menunggu waktu perilisan resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.