Kompas.com - 29/03/2015, 16:12 WIB
Foto yang diambil dari video AFP TV menunjukkan lokasi jatuhnya pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings di kawasan pegunungan Alpen, Perancis, Selasa (24/3/2015).  Sebanyak 144 penumpang dan 6 awak menjadi korban dalam kecelakaan tersebut. AFP PHOTO / DENIS BOIS / GRIPMEDIA / AFP TVFoto yang diambil dari video AFP TV menunjukkan lokasi jatuhnya pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings di kawasan pegunungan Alpen, Perancis, Selasa (24/3/2015). Sebanyak 144 penumpang dan 6 awak menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Perekam suara kokpit (cockpit voice recorder) yang diangkat dari reruntuhan pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings penerbangan 4U9525 yang jatuh di Pegunungan Alpen pada Selasa (24/3/2015) menguak kejadian yang mengejutkan.

Jaksa Perancis, Brice Robin, pada Kamis (26/3/2015) waktu setempat, menggelar jumpa pers setelah mendengarkan isi suara CVR tersebut dan menyimpulkan bahwa kopilot yang berada sendirian di dalam kokpit berusaha menjatuhkan pesawat dengan sengaja. Sebanyak 150 penumpang dan awak kabin pun dinyatakan tewas.

Peristiwa itu mengingatkan kembali pada peristiwa-peristiwa serupa yang pernah terjadi sebelumnya, yakni sebuah pesawat penumpang secara sengaja dijatuhkan oleh awak kabinnya sendiri.

Berikut adalah rangkuman beberapa kejadian kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh tindakan secara sengaja oleh pilot atau kopilot atau awak kabin, dirangkum KompasTekno dari situs Aviation Safety Network. Kecelakaan yang terkait dengan pesawat general aviation tidak disertakan.

26 September 1976
Seorang pilot Rusia mencuri pesawat Antonov 2 dan ditabrakkan ke sebuah flat (rumah susun) di daerah Novosibrik tempat mantan istrinya yang sudah bercerai tinggal.
Korban jiwa: 12 orang

22 Agustus 1979
Seorang mekanik yang baru saja dipecat masuk ke sebuah hanggar di Airport di Bogota, Kolombia, dan mencuri pesawat transport militer HS-748. Pesawat tersebut ia terbangkan dan dijatuhkan di wilayah berpenduduk.
Korban jiwa: 40 orang

9 Februari 1982
DC-8 yang dioperasikan oleh Japan Airlines jatuh di perairan dangkal di Tokyo Bay setelah kapten pesawat menon-aktifkan otopilot saat pesawat dalam fase final approach (mendarat, sudah dekat dengan landasan) di Bandara Haneda. Kapten pesawat mendorong kontrol pesawat turun dan throttle ditutup (idle). Kopilot berusaha mengambil alih kendali, tetapi pesawat tetap jatuh. Kapten tersebut menderita gangguan jiwa yang disebut psychosomatic atau penyimpangan mental.
Korban jiwa: 24 orang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

7 April 1994
Seorang karyawan FedEx yang akan dipecat dari jabatannya duduk di kursi jump seat (kursi lipat tambahan di dalam kokpit) dalam pesawat milik FedEx yang terbang ke San jose. Ia berniat untuk membunuh kru pesawat dengan sebuah palu dan menggunakan pesawat untuk bunuh diri dengan menabrakkannya ke markas FedEx di Memphis, AS. Perkelahian terjadi di dalam kokpit. Dua kru kabin berhasil melumpuhkan penyerang, sementara kopilot berkonsentrasi menerbangkan pesawat.
Korban jiwa: 0

13 Juli 1994
Mekanik Angkatan Udara Rusia mencuri pesawat di Kubinka Air Force Base untuk bunuh diri. Pesawat jatuh saat kehabisan bahan bakar di udara.
Korban jiwa: 1 orang

21 Agustus 1994
ATR-42 milik Royal Air Maroc jatuh di Pegunungan Atlas setelah takeoff dari Adigair, Maroko. Kecelakaan tersebut diduga kapten pilot mematikan otopilot dan dengan sengaja menjatuhkan pesawat. Namun, Serikat Pilot Maroko menolak temuan tersebut.
Korban jiwa: 44 orang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.