Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Install dan Pakai Fitur Telepon di WhatsApp

Kompas.com - 31/03/2015, 13:34 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp di Android kini bisa menikmati layanan telepon gratis melalui internet menggunakan fitur WhatsApp Call. Untuk menikmati layanan tersebut, pengguna diharuskan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru, versi 2.12.19.

Permasalahannya, menurut pengamatan KompasTekno, update atau pembaruan aplikasi WhatsApp masih belum tampak di Play Store.

Nah, ada sebuah cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan update tersebut, yaitu melalui situs resmi WhatsApp.

Oleh karena melalui situs resmi, jangan khawatir apabila file pembaruan aplikasi tersebut palsu atau program jahat yang menyamar menjadi aplikasi WhatsApp.

Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk memasang dan menggunakan fitur WhatsApp Call di Android.

1. Pastikan perangkat Android sudah bisa meng-install aplikasi dari selain Play Store.

Untuk mengeceknya, masuk menu "Setting". Pilih "Security", kemudian periksa apakah menu "Allow installation of apps from unknown sources" dalam keadaan tercentang atau tidak.
Jika dalam keadaan tercentang, tekan menu tersebut sekali agar sistem mengizinkan aplikasi diinstalasi dari luar Play Store.

2. Kunjungi situs http://www.whatsapp.com/android/ dari perangkat Android atau langsung  dari tautan ini.

3. Klik tombol "Download Now". Sebaiknya, unduh langsung melalui perangkat smartphone, jangan lewat PC. Karena file unduhan tersebut akan langsung tersimpan di perangkat ponsel.

4. Klik "OK" saat Anda dihadapkan dengan pesan "This type of file can harm your device. Do you want to keep WhatsApp.apk anyway?". Abaikan saja pesan ini. Pesan ini muncul karena Anda akan memasang aplikasi bukan dari Play Store.

4. Setelah proses download selesai, klik WhatsApp.apk dari tampilan notifikasi. Jika tidak muncul di notifikasi, file tersebut terletak di folder "Download". Selanjutnya, akan tampil halaman konfirmasi instalasi, langsung saja klik "Install".

5. Proses instalasi selesai. Sekarang Anda sudah menggunakan WhatsApp versi terbaru yang sudah punya fitur telepon gratis.

6. Untuk melakukan panggilan di WhatsApp, masuk ke tab "Calls", tekan icon telepon di kanan atas. Kemudian, pilih nama orang yang akan ditelepon. Bisa juga dari tab "Contacts" baru kemudian pilih kontak yang akan ditelepon dengan cara menekan icon telepon. Panggilan akan langsung terjadi.

Saat ini, fitur telepon tersebut baru bisa digunakan antar sesama pengguna smartphone Android. Panggilan dari Android ke iOS belum didukung. Sementara panggilan telepon untuk sesama smartphone Android bisa dilakukan walau pengguna yang menerima telepon belum melakukan update..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com