Google Perkenalkan Chromebit, Komputer Sebesar Flashdisk

Kompas.com - 02/04/2015, 11:53 WIB
Google Chromebit GoogleGoogle Chromebit
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Komputer mini sebesar flashdisk USB belakangan banyak bermunculan. Setelah Intel memperkenalkan Compute Stick Januari lalu, kini giliran Google menelurkan produk serupa bernama Chromebit.

Seperti dirangkum Kompas Tekno dari BBC (2/4/2015), Chromebit adalah komputer mini yang sengaja dirancang agar berukuran sekecil mungkin sehingga bisa "menyulap" TV atau monitor apapun jadi komputer dengan ditancapkan ke port HDMI.

Chromebit yang diproduksi oleh Asus dan menjalankan sistem operasi Chrome OS ini ditenagai prosesor Rockchip, RAM 2GB, serta media internal 16 GB.

Kelengkapan lain termasuk Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, dan port USB 2.0.

Disamping ukurannya yang mungil, salah satu aspek paling menarik dari Chromebit adalah harganya.

Komputer tersebut rencananya bakal dibanderol kurang dari 100 dollar AS ketika mulai dijual sekitar pertengahan 2015 nanti.

Dalam waktu bersamaan dengan kemunculan Chromebit, Google turut memperkenalkan jajaran laptop baru bernama Chromebook Flip.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produk ini merupakan laptop touchscreen 10,1 inci berbasis Chrome OS yang bisa berubah menjadi tablet. Di dalamnya tertanam prosesor Rockchip, RAM 4GB, dan media penyimpanan 16 GB. Banderol harganya dipatok di angka 249 dollar AS.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.