Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Perkenalkan Chromebit, Komputer Sebesar Flashdisk

Kompas.com - 02/04/2015, 11:53 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Komputer mini sebesar flashdisk USB belakangan banyak bermunculan. Setelah Intel memperkenalkan Compute Stick Januari lalu, kini giliran Google menelurkan produk serupa bernama Chromebit.

Seperti dirangkum Kompas Tekno dari BBC (2/4/2015), Chromebit adalah komputer mini yang sengaja dirancang agar berukuran sekecil mungkin sehingga bisa "menyulap" TV atau monitor apapun jadi komputer dengan ditancapkan ke port HDMI.

Chromebit yang diproduksi oleh Asus dan menjalankan sistem operasi Chrome OS ini ditenagai prosesor Rockchip, RAM 2GB, serta media internal 16 GB.

Kelengkapan lain termasuk Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.0, dan port USB 2.0.

Disamping ukurannya yang mungil, salah satu aspek paling menarik dari Chromebit adalah harganya.

Komputer tersebut rencananya bakal dibanderol kurang dari 100 dollar AS ketika mulai dijual sekitar pertengahan 2015 nanti.

Dalam waktu bersamaan dengan kemunculan Chromebit, Google turut memperkenalkan jajaran laptop baru bernama Chromebook Flip.

Produk ini merupakan laptop touchscreen 10,1 inci berbasis Chrome OS yang bisa berubah menjadi tablet. Di dalamnya tertanam prosesor Rockchip, RAM 4GB, dan media penyimpanan 16 GB. Banderol harganya dipatok di angka 249 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com