Sony Janji Xperia 4G Pakai Komponen Lokal

Kompas.com - 02/04/2015, 14:34 WIB
Sony Xperia Z3 dalam genggaman. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comSony Xperia Z3 dalam genggaman.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi ponsel Sony

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemerintah menerapkan aturan persyaratan tingkat kandungan dalam negeri ( TKDN) sebesar 40 persen untuk smartphone 4G yang dipasarkan mulai 2017 mendapat tanggapan dari kantor pusat Sony.

Melalui CEO Sony Mobile Communications, pabrikan asal Jepang ini menyatakan siap menaati regulasi pemerintah apabila telah berlaku nanti.
 
"Tentu, kami sangat mengerti dengan alasan rencana regulasi itu. Sony pun pernah mendapat persyaratan, tak hanya dari Indonesia, tapi negara-negara lain juga. Sesuai dengan prinsip good corporate citizen, kami akan menaati," kata Totoki dalam sesi wawancara eksklusif dengan Kompas Tekno di Jakarta, Rabu (1/4/2015).
 
Soal cara memenuhi peraturan itu nantinya, Totoki mengaku pihak Sony sedang mendiskusikan langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan tetap mempertahankan kepentingan bisnis Sony di negara bersangkutan agar tak dirugikan.
 
Salah satunya adalah dengan membangun fasilitas produksi atau pabrik di Indonesia, tetapi Totoki mengatakan pihaknya belum tentu akan menempuh langkah tersebut.
 
"Itu (membangun pabrik) adalah salah satu opsi, tapi bukan yang satu-satunya. Kami sedang menimbang semua alternatif, bukan hanya dengan membuka fasilitas manufaktur atau layanan saja," katanya.
 
Sebelumnya, dalam acara peluncuran smartphone Xperia E4 di Jakarta awal bulan ini, Marketing Manager Sony Mobile Indonesia Ika Paramita telah menyebutkan bahwa pihaknya tengah menunggu kepastian soal aturan TKDN di ponsel 4G nanti.
 
"Tiap kali kita ke sana (pemerintah), syaratnya berubah-ubah. Jadi kita belum bisa konfirmasi akan melakukan apa untuk ini. Setelah pemerintah memiliki aturan yang jelas, baru akan kami umumkan strategi Sony," ujar Ika ketika itu.
 
Rencana regulasi soal TKDN sendiri hingga kini masih masih digodok oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemeterian Perindustrian, serta Kementerian Perdagangan. Aturan main soal komponen dalam negeri ini belum ditentukan.
 
Selain Sony, vendor ponsel 4G asing lain yang telah menyatakan kesiapan memenuhi aturan terkait soal TKDN antara lain Lenovo dan Oppo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X