Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2015, 15:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena
Ilustrasi chip MediaTek

KOMPAS.com - Mediatek yang lebih terkenal sebagai prosesor pemasok ponsel murah rupanya tak mau tinggal diam menghadapi gempuran aneka produk chip high-end bikinan Qualcomm dan Samsung.

Seperti dirangkum Kompas Tekno dari GSM Arena, Rabu (1/4/2015), pabrikan asal Taiwan tersebut minggu ini memperkenalkan keluarga chip high-end baru bernama Helio yang digadang-gadang menjadi pesaing seri chip Snapdragon 800 dan Exynos bikinan dua rivalnya itu.

“Helio adalah keluarga prosesor mobile premium yang mengintegrasikan teknologi heterogeneous computing dengan inovasi multimedia tingkat lanjut,” sebut pernyataan yang dirilis oleh MediaTek.

Dengan Helio, citra prosesor MediaTek sebagai otak dari ponsel-ponsel kelas bawah bakal segera terhapus.

Debut  keluarga Helio akan dimulai dengan model perdana bernama X10 yang merupakan seri chip 64-bit high-end berbasis delapan core ARM Cortex-A53.

Kecepatan core X10 dipatok di angka 2,2 GHz. Tenaga chip octa-core ini diklaim sangup mewujudkan refresh rate layar sebesar 120 Hz dan video slow motion berkecepatan 480 FPS.

X10 akan diikuti model selanjutnya bernama Helio-P series yang disebut sebagai “premium performance chip”. Helio-P dijadwalkan menyusul pada akhir tahun ini, tapi detil spesifikasinya belum diungkapkan.

Chip Helio diperkirakan bakal mulai digunakan di smartphone sekitar kuartal kedua 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com