Kompas.com - 03/04/2015, 17:45 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengetahuan soal penggunaan internet selama ini cenderung didominasi kaum pria. Berdasarkan pandangan tersebut, CEO XL Axiata Dian Siswarini, menggagas sebuah rencana untuk membuat kaum wanita lebih akrab dengan dunia internet.

Rencana tersebut berwujud sebuah program bernama Sisternet. Saat ini memang masih berupa konsep yang sedang digarap dan, ujar Dian, akan segera diluncurkan ke publik.

"Kita akan meluncurkan platform atau aplikasi yang bisa digunakan membantu perempuan Indonesia agar lebih digital. Ini akan dilakukan dalam waktu dekat," ujarnya dalam bincang santai dengan media, Kamis (2/4/2015) kemarin.

Dian melanjutkan, umumnya dalam sebuah keluarga anak-anaklah yang cenderung akan lebih dulu belajar mengenali internet. Terutama karena anak-anak memang lahir di era yang sudah digital.

Orang selanjutnya yang lebih mudah mempelajari pemanfaatan internet biasanya adalah sang bapak. Hal ini mungkin terjadi karena sang bapak dituntut untuk memahaminya demi kebutuhan pekerjaan.

Sedangkan sang Ibu biasanya cenderung tidak bisa menggunakan internet. Meski dalam keluarga tersebut ada yang mampu mengajari, gap generasi dengan sang anak atau kesibukan sang bapak membuat hal itu sulit dilakukan.  

"Melalui program Sisternet, kami ingin agar ibu-ibu lebih melek internet. Bapaknya sibuk nggak bisa ngajarin. Anaknya juga. Lalu siapa lagi kalau bukan sesama wanita juga yang memberikan edukasi," papar Dian.

"Sudah saatnya perempuan meningkatkan kualitas dengan menggunakan internet. Internet bukan main-main lagi, banyak hal yang dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui internet ini," pungkasnya

Persoalan ketimpangan gender dalam hal pemanfaatan internet sebenarnya bukan cuma terjadi di Indonesia. Menurut Dian, ketimpangan tersebut ada di seluruh Asia. Sayangnya dia tidak memaparkan rasio ketimpangan tersebut.

Rencananya layanan bernama Sisternet itu akan diluncurkan XL bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April 2015 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.