Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path Bisa Dibuka dari PC dan Laptop

Kompas.com - 04/04/2015, 11:11 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Aplikasi Android Kompas.com berjalan di peramban Chrome di sistem operasi MacOS X dengan bantuan ARC Welder

KOMPAS.com — Aplikasi mobile populer, seperti Instagram dan Path, biasanya hanya bisa diakses lewat smartphone atau tablet saja. Bagaimana jika nantinya aplikasi itu bisa dijalankan di komputer desktop?

Itulah yang bisa diwujudkan oleh App Runtime for Chrome (ARC). Proyek yang diumumkan oleh Google pada September tahun lalu ini memungkinkan aplikasi Android berjalan di komputer berbasis Chrome OS.

Belakangan, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechnica, Sabtu (4/4/2015), Google membuka ARC agar turut bisa berjalan di sistem operasi desktop lainnya, Windows dan MacOs, lewat peramban Chrome.

Caranya mudah saja, cukup dengan menyiapkan file APK aplikasi dan memasang ekstensi ARC Welder di peramban Chrome. APK aplikasi yang bersangkutan lalu bisa dibuka dengan memakai ARC Welder.

Tampilan aplikasi yang dijalankan melalui ARC Welder di Chrome bisa diatur agar mengikuti format smartphone atau tablet maupun orientasi portrait atau landscape. Langkah-langkah selengkapnya bisa dibaca di blog Google di tautan berikut.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Aplikasi Path dan Instagram pun bisa dibuat berjalan di Chrome dengan ARC Welder

Kompas Tekno mencoba membuka beberapa aplikasi Android lewat ARC Welder. Path dan Instagram bisa berjalan meski memerlukan waktu loading relatif lama. Path bahkan bisa menjalankan fungsi kamera dengan memakai kamera webcam terintegrasi di laptop.

Namun, mekanisme ini belum sempurna. Beberapa aplikasi lain bisa tersendat, mengalami crash, atau tak bisa berjalan karena tidak menemukan dukungan services atau API yang diperlukan.

ARC Welder sendiri sebenarnya merupakan tool bagi para developer untuk menguji aplikasi Android mereka sebelum di-porting ke Chrome OS. ARC berbasis Android 4.4 dengan Dalvik VM yang menjalankan kode Android dengan kecepatan nyaris setara dengan platform native.

Kendati demikian, tetap saja ARC membuka peluang bagi Google untuk menarik developer aplikasi ke platform Chrome OS dengan iming-iming cukup menulis aplikasi sekali saja untuk didistribusikan ke Android dan sistem operasi lain yang bisa menjalankan Chrome OS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com