Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2015, 10:24 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Android Wear smartwatch memang tak punya fitur kamera, tapi arloji pintar tersebut bisa membidik gambar. Tepatnya, Android Wear bisa berperan sebagai shutter remote untuk kamera smartphone.

Jadi, pengguna yang ingin memotret foto dengan dirinya berada di dalam foto tersebut, bisa memanfaatkan kemampuan ini. Untuk tujuan "jahil", Android Wear bisa pula untuk memata-matai orang. Tapi, tentu tak disarankan.

Cara mengaktifkan shutter remote kamera pada Android Wear cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi kamera Android yang tersinkronisasi dengan smartwatch. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk fungsi tersebut.

PhoneArena Tampilan aplikasi Google Camera
Pertama, Google Camera. Membuka aplikasi ini, pengguna akan langsung melihat opsi "Remote". Pengguna hanya perlu menekan opsi tersebut dan smartwatch bakal menampilkan tombol penangkap gambar.

Tekan tombol penangkap gambar selama kurang lebih 3 detik, lalu pengguna bisa melihat hasil bidikannya melalui layar smartphone dan smartwatch. Namun, aplikasi ini masih memiliki beberapa keterbatasan.

Google Camera tak bisa menjadikan smartwatch sebagai viewfinder. Jadi, tampilan gambar terlihat segera setelah pengguna membidiknya. Selain itu, penyetelan cahaya gambar tak terakomodir.

PhoneArena Tampilan aplikasi Wear Camera Remote
Kedua, Wear Camera Remote. Aplikasi ini bisa dikatakan lebih canggih dibandingkan Google Camera. Kemampuannya mencakup viewfinder, penyetelan kilasan kamera untuk tempat bercahaya minim, serta self-timer.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memilih antara menggunakan sentuhan pada layar smartwatch atau mengandalkan suara.

PhoneArena Tampilan aplikasi PixtoCam
Ketiga, PixtoCam. Aplikasi ini berbayar, namun mengakomodir kemampuan yang lebih mumpuni. PixtoCam adalah aplikasi premium pertama untuk kamera Android yang terkoneksi dengan smartwatch. Semua kemampuan Wear Camera Remote terakomodir di aplikasi ini.

Tambahannya, PixtoCam bisa bekerja walau layar smartphone redup. Aplikasi ini juga bisa merekam video. Pengaturan zoom, cahaya, resolusi, kilasan, juga memungkinkan pada PixtoCam. Dengan semua kelebihan itu, pengguna harus merogoh kocek sebesar 1,99 dollar AS atau setara Rp 25.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.