Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aplikasi untuk Memotret dengan Android Wear

Kompas.com - 07/04/2015, 10:24 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Android Wear smartwatch memang tak punya fitur kamera, tapi arloji pintar tersebut bisa membidik gambar. Tepatnya, Android Wear bisa berperan sebagai shutter remote untuk kamera smartphone.

Jadi, pengguna yang ingin memotret foto dengan dirinya berada di dalam foto tersebut, bisa memanfaatkan kemampuan ini. Untuk tujuan "jahil", Android Wear bisa pula untuk memata-matai orang. Tapi, tentu tak disarankan.

Cara mengaktifkan shutter remote kamera pada Android Wear cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi kamera Android yang tersinkronisasi dengan smartwatch. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk fungsi tersebut.

PhoneArena Tampilan aplikasi Google Camera
Pertama, Google Camera. Membuka aplikasi ini, pengguna akan langsung melihat opsi "Remote". Pengguna hanya perlu menekan opsi tersebut dan smartwatch bakal menampilkan tombol penangkap gambar.

Tekan tombol penangkap gambar selama kurang lebih 3 detik, lalu pengguna bisa melihat hasil bidikannya melalui layar smartphone dan smartwatch. Namun, aplikasi ini masih memiliki beberapa keterbatasan.

Google Camera tak bisa menjadikan smartwatch sebagai viewfinder. Jadi, tampilan gambar terlihat segera setelah pengguna membidiknya. Selain itu, penyetelan cahaya gambar tak terakomodir.

PhoneArena Tampilan aplikasi Wear Camera Remote
Kedua, Wear Camera Remote. Aplikasi ini bisa dikatakan lebih canggih dibandingkan Google Camera. Kemampuannya mencakup viewfinder, penyetelan kilasan kamera untuk tempat bercahaya minim, serta self-timer.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memilih antara menggunakan sentuhan pada layar smartwatch atau mengandalkan suara.

PhoneArena Tampilan aplikasi PixtoCam
Ketiga, PixtoCam. Aplikasi ini berbayar, namun mengakomodir kemampuan yang lebih mumpuni. PixtoCam adalah aplikasi premium pertama untuk kamera Android yang terkoneksi dengan smartwatch. Semua kemampuan Wear Camera Remote terakomodir di aplikasi ini.

Tambahannya, PixtoCam bisa bekerja walau layar smartphone redup. Aplikasi ini juga bisa merekam video. Pengaturan zoom, cahaya, resolusi, kilasan, juga memungkinkan pada PixtoCam. Dengan semua kelebihan itu, pengguna harus merogoh kocek sebesar 1,99 dollar AS atau setara Rp 25.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com