Retweet Model Baru, Bisa Komentar Lebih Panjang

Kompas.com - 07/04/2015, 14:02 WIB
Ilustrasi twitter. ReutersIlustrasi twitter.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Sebuah pembaruan fitur yang, kemungkinan besar, sudah ditunggu oleh pengguna layanan micro-blogging Twitter akhirnya datang juga.

Fitur baru yang banyak disebut sebagai "retweet with comment" ini, seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (7/4/2015), mengizinkan pengguna untuk meng-embed atau menyematkan kicauan yang di-retweet, sambil menambahkan sebuah komentar sepanjang 116 karakter.

Sebelumnya, Twitter memang mengizinkan pengguna untuk menggunakan fitur Quote (di aplikasi mobile) atau Retweet (di situs melalui peramban).

Akan tetapi, sebuah kicauan yang di-tweet ulang tersebut langsung dimuat dalam bentuk teks ke jendela penulisan tweet.

Akibatnya, jumlah karakter yang tersisa bagi seorang pengguna untuk menambahkan komentarnya sudah sangat terbatas.

Sebagai contoh, apabila jumlah karakter dalam tweet yang di-retweet seorang pengguna berjumlah 120, maka sisa yang bisa digunakannya hanya 20 karakter saja.

The Next Web Retweet versi lama dan baru
Nah, masalah inilah yang berusaha diatasi oleh Twitter melalui fitur yang telah diperbarui tersebut. Dengan langsung menekan tombol Retweet, sebuah kicauan yang di-tweet ulang oleh pengguna secara otomatis akan langsung disematkan, mirip ketika pengguna membagikan foto.

Sayangnya, untuk saat ini, pembaruan tersebut baru bisa digunakan di Twitter versi web dan juga aplikasi Twitter versi terbaru di platform iOS.

Aplikasi Twitter versi Android masih harus menunggu beberapa minggu lagi untuk mencoba fitur tersebut. Pasalnya, pihak Twitter baru akan menghadirkan fitur baru ini dalam beberapa saat mendatang.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X