Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Retweet Model Baru, Bisa Komentar Lebih Panjang

Kompas.com - 07/04/2015, 14:02 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah pembaruan fitur yang, kemungkinan besar, sudah ditunggu oleh pengguna layanan micro-blogging Twitter akhirnya datang juga.

Fitur baru yang banyak disebut sebagai "retweet with comment" ini, seperti dikutip KompasTekno dari The Next Web, Selasa (7/4/2015), mengizinkan pengguna untuk meng-embed atau menyematkan kicauan yang di-retweet, sambil menambahkan sebuah komentar sepanjang 116 karakter.

Sebelumnya, Twitter memang mengizinkan pengguna untuk menggunakan fitur Quote (di aplikasi mobile) atau Retweet (di situs melalui peramban).

Akan tetapi, sebuah kicauan yang di-tweet ulang tersebut langsung dimuat dalam bentuk teks ke jendela penulisan tweet.

Akibatnya, jumlah karakter yang tersisa bagi seorang pengguna untuk menambahkan komentarnya sudah sangat terbatas.

Sebagai contoh, apabila jumlah karakter dalam tweet yang di-retweet seorang pengguna berjumlah 120, maka sisa yang bisa digunakannya hanya 20 karakter saja.

The Next Web Retweet versi lama dan baru
Nah, masalah inilah yang berusaha diatasi oleh Twitter melalui fitur yang telah diperbarui tersebut. Dengan langsung menekan tombol Retweet, sebuah kicauan yang di-tweet ulang oleh pengguna secara otomatis akan langsung disematkan, mirip ketika pengguna membagikan foto.

Sayangnya, untuk saat ini, pembaruan tersebut baru bisa digunakan di Twitter versi web dan juga aplikasi Twitter versi terbaru di platform iOS.

Aplikasi Twitter versi Android masih harus menunggu beberapa minggu lagi untuk mencoba fitur tersebut. Pasalnya, pihak Twitter baru akan menghadirkan fitur baru ini dalam beberapa saat mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com