Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan WhatsApp Mulai Terintegrasi

Kompas.com - 07/04/2015, 14:26 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial facebook tahun lalu telah mengakuisisi aplikasi pesan instan WhatsApp, dengan nilai sekitar 22 miliar dollar AS.

Kini, Facebook mulai mengintegrasikan layanan pesan instan tersebut dengan jejaring sosialnya.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (6/4/2015), dalam aplikasi Facebook mobile terbaru (versi 31.0.0.7.13), pengguna kini diberi pilihan untuk mengirim dan berbagi berita ke WhatsApp melalui tombol Send yang ada di bagian bawah.

Phone Arena Tombol Send WhatsApp yang terintegrasi di postingan Facebook
Tombol tersebut saat ini belum tersedia bagi pengguna Facebook versi publik, karena layanan tersebut masih bersifat beta dan baru bisa diakses oleh penguji saja.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg sempat mengatakan bahwa Facebook dan WhatsApp akan tetap menjadi perusahaan yang terpisah, namun penggabungan layanan keduanya sudah diprediksi oleh para pengamat dari awal.

Tujuannya, Facebook bisa meningkatkan lalu-lintas pengguna layanannya melalui aplikasi WhatsApp, dan meningkatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan.

Rumor lain yang beredar adalah, integrasi panggilan suara dalam layanan Facebook. Sebelumnya, WhatsApp sudah memperkenalkan fitur voice call ini di layanannya untuk Android. Layanan untuk platform iOS akan menyusul kemudian.

Walau kedua perusahaan tetap menjadi dua perusahaan terpisah, namun kemungkinan akan lebih banyak lagi penggabungan layanan antara Facebook dan WhatsApp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com