Dioprek, Linux pun Jalan di Kamera DSLR

Kompas.com - 08/04/2015, 10:59 WIB
Linux berjalan di kamera DSLR Canon SlashGearLinux berjalan di kamera DSLR Canon
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Linux berjalan di kamera DSLR Canon

KOMPAS.com - Linux bukan hanya dikenal sebagai sistem operasi open source yang populer, OS ini pun punya reputasi bisa berjalan di hampir semua perangkat yang memiliki chip pemroses data, termasuk kamera digital.

Itulah yang antara lain dibuktikan oleh para programer dari Magic Lantern. Mereka berhasil menjalankan kernel Linux alias inti sistem operasi yang hanya memiliki antarmuka teks di kamera digital tipe DSLR seri Canon EOS.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Slash Gear, Selasa (7/4/2015), dengan memakai Linux, tim programer Magic Lantern bisa mengakses informasi hardware low-level dari perangkat yang bersangkutan, termasuk membuka isi kartu memori dan menampilkan pesan di layar LCD.

Hal tersebut didemonstrasikan dalam sebuah rekaman video, seperti bisa dilihat di bawah.

Magic Lantern sendiri dikenal sebagai pembikin firmware custom untuk kamera DSLR yang memperluas beberapa aspek fungsi dari alat penangkap gambar tersebut.

Perangkat lunak firmware buatan Magic Lantern cukup populer di kalangan pengguna DSLR, terutama videografer yang memakai perangkat itu untuk merekam video.

Meski mungkin terdengar kurang menarik bagi kebanyakan pengguna, keberhasilan Magic Lantern menjalankan Linux di kamera digital membuka peluang bagi programmer untuk memperluas fungsi kamera lebih lanjut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Magic Lantern berencana membuat Linux versi kamera yang dilengkapi antarmuka grafis (GUI) sehingga bukan tak mungkin nantinya bisa dipakai sepenuhnya sebagai “sistem operasi”.

Linux ala Magic Lantern sudah diuji dan bisa berjalan di beberapa model kamera DSLR Canon, yakni EOS 60D, 600D, 7D, 5D Mark II, dan 5D Mark III.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SlashGear
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.