Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 Patah, Samsung "Protes" lewat Video

Kompas.com - 08/04/2015, 16:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Galaxy S6 Edge membengkok dalam uji ketahanan di video SquareTrade

KOMPAS.com — Samsung rupanya kesal dengan video yang dibikin oleh perusahaan layanan purnajual SquareTrade. Rekaman video itu menampilkan Galaxy S6 Edge yang ternyata bisa membengkok ketika diberi tekanan.

Galaxy S6 Edge mulai bengkok ketika diberi tekanan sebesar 50 kilogram di tengah layar. Angka itu lebih kurang sama dengan tekanan yang diperlukan untuk membengkokkan iPhone 6 Plus besutan Apple. Bedanya, Galaxy S6 Edge tak hanya bengkok, tetapi juga menunjukkan keretakan layar.

Melalui blog resminya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Phone Arena, Rabu (8/4/2015), Samsung mengeluarkan tanggapan atas video tersebut, termasuk dengan merilis video lain sebagai "protes".

Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu berargumen bahwa tekanan sebesar 50 kilogram seperti yang didemonstrasikan di video SquareTrade dalam kenyataannya akan sangat jarang terjadi.

Dalam kondisi normal, lanjut Samsung, tekanan yang diterima ponsel paling tinggi hanya berkisar di angka 30 kilogram, misalnya ketika pemiliknya duduk di kursi, sementara perangkat itu ditaruh di kantong belakang celana.

Ditambahkan pula bahwa Galaxy S6 dan S6 Edge sudah diuji agar bisa menahan tekanan sebesar 35 kilogram. Tekanan sebesar itu, seperti digambarkan dalam video tanggapan dari Samsung, cukup kuat untuk mematahkan lima batang pensil yang digabung bersama.

Bagian depan dan belakang dari Galaxy S6 Edge juga memiliki ketahanan berbeda, tetapi tidak ditampilkan dalam video SquareTrade.

Samsung pun menyatakan bakal meminta SquareTrade agar membuat video lain yang berisi uji ketahanan bagian depan dan belakang Galaxy S6 Edge.

Entah permintaan itu bakal dilakukan atau tidak, yang jelas, Samsung memang berulang kali menekankan ketahanan fisik Galaxy S6 dan S6 Edge dengan mengklaim bahwa kedua perangkat tersebut tak bakal bengkok.

Video uji ketahanan SquareTrade bisa disimak di bawah, sementara video tanggapan dari Samsung dapat dilihat setelahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com