Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 8.3 Beta untuk Publik

Kompas.com - 09/04/2015, 10:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac


KOMPAS.com - Menyusul rilis OS X 10.10.3 untuk MacBook, Apple juga meluncurkan pembaruan untuk sistem operasi iPhone, iPad, dan iPod Touch. Pembaruan ke iOS 8.3 yang berbulan-bulan berstatus beta tersebut sudah dirilis resmi untuk publik.

Dilansir KompasTekno, Kamis (9/4/2015) dari 9to5Mac, iOS 8.3 membawa beberapa pembaruan mencolok pada emoji dan layanan Siri-nya.

Tak kurang dari 300 emoji varian baru bisa digunakan pengguna perangkat mobile Apple. Unit antarmuka untuk keyboard-nya juga diubah agar menyesuaikan tempat dengan jumlah emoji yang tersedia.

Untuk Siri, iOS 8.3 memboyong beberapa bahasa baru. Asisten personal virtual tersebut kini mampu berbahasa Rusia, Thailand, Swedia, Turki, Portugis, dan Belanda. Selain itu, Siri bisa memulai panggilan dengan speaker phone jika pengguna memerintahkan demikian.

Pada fitur lain, iOS 8.3 juga memperbarui cara otentikasi pengguna saat mengakses iTunes Store. Kini, pengguna dapat memilih untuk mengunduh aplikasi gratis tanpa menyertakan kata sandi. 

Layanan Messages juga dimutakhirkan. Saat menerima pesan dari pengirim tak dikenal, pesan tersebut tak bakal muncul di pesan masuk prioritas. Ia bakal teralokasi ke folder lain. Pesan-pesan yang tak dihendaki juga dapat dilaporkan sebagai "junk". Nanti, Apple bakal mengulas pesan tersebut dan otomatis memblok dengan ketentuan-ketentuan tertentu.

Sebagai tambahan, Apple juga merilis Xcode 6.3 dan perbaikan Apple Watch untuk membabat bug. Ekstensi untuk aplikasi Watch tersebut memungkinkan perbaikan pada aplikasi-aplikasi yang menggunakan pembaruan lokasi secara berkala.

Perlu diketahui, sistem operasi teranyar ini merupakan yang pertama merilis versi betanya secara publik. Versi beta iOS 8.3 yang disebar umum ini telah diperbarui tiga kali. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com