Mengenal Lebih Dekat Red Star, OS Buatan Korea Utara

Kompas.com - 09/04/2015, 14:02 WIB
Red Star boot screen Red Star boot screen
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara paling tertutup di dunia, Korea Utara tidak mau banyak bergantung kepada negara lain. Negara yang saat ini dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut pun banyak mengembangkan berbagai produk secara mandiri.

Salah satu produk asli buatan Korea Utara yang cukup terdengar di dunia luar adalah sistem operasi komputer. Ya, negara tersebut ternyata mengembangkan produk OS sendiri yang diberi nama Red Star.

Sistem operasi yang saat ini telah masuk ke ke versi 3.0 ini dikembangkan oleh sebuah lembaga bernama Korea Computer Center di ibukota Pyongyang. Pembuatannya berbasiskan Linux yang dapat dimodifikasi dengan bebas.

Seperti apa tampilan dari OS yang tidak dijual di luar Korea Utara ini? Seorang mantan karyawan Google, Will Scott, seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Rabu (8/4/2015), dikatakan pernah mengunjungi dan mengajar di Universitas Pyongyang.

Nah, sebelum kembali ke Amerika Serikat, dia membeli salinan Red Star 3.0 dan mengunggah gambarnya ke dunia maya.

Desain dari sistem operasi ini didesain sangat mirip dengan OS buatan Apple, Mac OS X. Apa alasan penggunaan desain tersebut?

Tidak ada yang tahu alasan sebenarnya, akan tetapi ada informasi yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un menggunakan komputer iMac di kantornya. Karena menyukai desain tersebut, ia meminta agar Red Star versi teranyar didesain mirip dengan OS buatan Apple tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, pada versi sebelumnya, Red Star dikatakan memiliki bentuk yang sangat mirip dengan OS buatan Microsoft, Windows XP.

Selain tampilan yang mirip Mac, OS ini dilengkapi peramban khusus bernama Naenara, yang dalam bahasa Korea berarti “Negaraku”. Peramban tersebut adalah hasil modifikasi dari Mozilla Firefox. Fungsinya untuk menjelajahi portal Naenara dalam jaringan intranet Kwangmyong.

Red Star juga dilengkapi dengan editor teks, aplikasi email, pemutar musik dan video serta games. Di dalam paket OS ini juga disematkan Wine, sebuah alat yang membuat aplikasi Windows bisa digunakan di Linux.

Berikut beberapa gambar screenshot Red Star 3.0 yang diuggah oleh Will Scott.

Business Insider Tampilan layar login Red Star
Business Insider Tampilan pengaturan negara dan waktu di Red Star
Business Insider Salah satu tampilan wallpaper di Red Star
Business Insider Tampilan desktop di Red Star sangat mirip dengan tampilan Mac OS X
Business Insider Tampilan aplikasi word processing ala Red Star
Business Insider Tampilan Explorer di Red Star
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.