Kompas.com - 09/04/2015, 15:33 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Dalam hal loyalitas, aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) ternyata mampu memikat pengguna di platform Android. Terbukti dalam sebuah survei, BBM berada di peringkat kedua dibanding aplikasi pesan instan Android lainnya.

Satu-satunya yang bisa mengalahkan BlackBerry Messenger adalah aplikasi pesan instan Facebook Messenger.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Quettra, BBM berada di peringkat kedua dibanding 22 aplikasi pesan instan dan media sosial di Android.

Data tersebut dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (8/4/2015),  menunjukan bahwa 93 persen pengguna BBM tetap menggunakan aplikasi tersebut selama 30 hari.

Sementara dalam 60 hari, jumlah pengguna smartphone Android yang tetap menggunakan aplikasi BBM adalah sebanyak 89 persen. Setelah 90 hari, atau tiga bulan, jumlahnya sedikit menurun menjadi 82 persen saja.

Angka persentase tersebut jauh di atas rata-rata loyalitas pengguna terhadap suatu aplikasi selama 30 hari, yaitu 43 persen.

Sementara untuk Facebook Messenger, dari 52 juta orang yang disurvei Quettra, 98 persen di antaranya tetap menggunakan aplikasi itu dalam 90 hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Quettra sendiri melacak penggunaan aplikasi Android dari 75 juta smartphone Android di seluruh dunia, atau 6 persen dari pengguna global Android saat ini.

Duapuluh dua aplikasi Android yang disurvei antara lain adalah Facebook, BBM, Instagram, WhatsApp, WeChat, Snapchat, Tumblr, dan Twitter.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.