Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM di Android Punya Pengguna yang Loyal

Kompas.com - 09/04/2015, 15:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dalam hal loyalitas, aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) ternyata mampu memikat pengguna di platform Android. Terbukti dalam sebuah survei, BBM berada di peringkat kedua dibanding aplikasi pesan instan Android lainnya.

Satu-satunya yang bisa mengalahkan BlackBerry Messenger adalah aplikasi pesan instan Facebook Messenger.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Quettra, BBM berada di peringkat kedua dibanding 22 aplikasi pesan instan dan media sosial di Android.

Data tersebut dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (8/4/2015),  menunjukan bahwa 93 persen pengguna BBM tetap menggunakan aplikasi tersebut selama 30 hari.

Sementara dalam 60 hari, jumlah pengguna smartphone Android yang tetap menggunakan aplikasi BBM adalah sebanyak 89 persen. Setelah 90 hari, atau tiga bulan, jumlahnya sedikit menurun menjadi 82 persen saja.

Angka persentase tersebut jauh di atas rata-rata loyalitas pengguna terhadap suatu aplikasi selama 30 hari, yaitu 43 persen.

Sementara untuk Facebook Messenger, dari 52 juta orang yang disurvei Quettra, 98 persen di antaranya tetap menggunakan aplikasi itu dalam 90 hari.

Quettra sendiri melacak penggunaan aplikasi Android dari 75 juta smartphone Android di seluruh dunia, atau 6 persen dari pengguna global Android saat ini.

Duapuluh dua aplikasi Android yang disurvei antara lain adalah Facebook, BBM, Instagram, WhatsApp, WeChat, Snapchat, Tumblr, dan Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com