Kompas.com - 09/04/2015, 20:14 WIB
Seri drone DJI Phantom 3 DJISeri drone DJI Phantom 3
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - DJI Phantom dikenal sebagai seri drone yang berjasa ikut mendongkrak popularitas wahana terbang tersebut di kalangan pengguna umum. Kini pembuatnya telah memperkenalkan drone Phantom generasi ketiga yang lebih canggih dibandingkan model terdahulu.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechica, Kamis (9/4/2015), drone bernama Phantom 3 itu dibekali dengan kamera yang sanggup merekam video dengan bidang pandang selebar 94 derajat sebagai fitur standar.

Phantom 3 terdiri dari 2 model, yakni "Profesional" dan "Advanced". Perbedaannya terletak pada kemampuan kamera, di mana versi Profesional bisa menangkap video 4K sementara Advanced dibatasi di resolusi Full-HD (1920x1080).

Berbeda dari model Inspire 1 buatan perusahaan yang sama kamera pada Phantom 3 tak dapat dilepas untuk diganti dengan kamera lain, misalnya GoPro. Tapi unit kamera milik drone ini dilengkapi fitur "anti goyang" dengan stabilizing gimbal.

Phantom 3 juga lebih "pintar" dengan sistem navigasi Vision Positioning System yang diboyong dari Inspire 1.

Sistem ini memanfaatkan gelombang ultrasonik dan data visual untuk membantu drone menentukan posisinya di dalam ruangan atau tempat-tempat lain yang tidak tertembus GPS. Ia juga bisa mengetahui ketinggian drone dari tanah sehingga bisa terbang rendah tanpa celaka.

Peningkatan-peningkatan lain mencakup tenaga dan daya tahan baterai lebih lama, serta remote control baru yang menyajikan live view pandangan drone dari jarak hingga 2 KM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Phantom 3 Profesional dijual seharga 1.260 dollar AS, sementara Phantom 3 Advanced dihargai 1.000 dollar AS. Rekaman aksinya bisa dilihat dalam video promosi di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.