Pemotretan untuk "Wallpaper" Apple Watch Harus Diulang Ribuan Kali

Kompas.com - 10/04/2015, 09:40 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Salah satu fitur menarik yang dihadirkan oleh Apple dalam produk terbarunya adalah Motion. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat melihat waktu yang ditampilkan bersama dengan wallpaper yang cantik.

Yang membuatnya terlihat cantik, gambar yang ada di wallpaper tersebut dinamis, ia bisa berganti warna dan juga terlihat bergerak. Saat ini, ada tiga jenis gambar yang disediakan, yakni kupu-kupu terbang, ubur-ubur, dan bunga.

Gambar yang dihadirkan oleh Motion tersebut memang mirip seperti sebuah animasi. Akan tetapi, gambar tersebut ternyata bukanlah gambar animasi buatan komputer atau CGI.

Alan Dye, Pimpian divisi tampilan antarmuka Watch, menceritakan betapa sulitnya untuk menghadirkan foto berbentuk animasi dalam perangkat jam tangan pintar tersebut.

Menurutnya, gambar wallpaper yang ada diambil langsung menggunakan kamera, tidak lahir dari program pembuatan animasi di komputer. "Kami menjepret semuanya," kata Dye, seperti KompasTekno kutip dari Wired, Kamis (9/4/2015).

"Kupu-kupu, ubur-ubur, dan bunga yang merupakan wajah dari motion, semuanya berasal dari kamera," lanjutnya.

Salah satu gambar yang diakuinya paling lama dikerjakan adalah wallpaper bergambar bunga. "Saya pikir (gambar bunga) merupakan yang paling lama, menghabiskan waktu 285 jam dan lebih dari 24.000 jepretan," bebernya.

Mengambil gambar lainnya pun diakui Dye sama sulitnya. Dikatakannya, untuk mengambil gambar ubur-ubur, tim Apple sampai harus membangun sebuah aquarium di dalam studio. Kemudian, mereka menggunakan peralatan secanggih kamera Phantom yang dapat menjepret dengan kualitas 4K 300 fps, hanya untuk membuat wallpaper di perangkat beresolusi hanya 312 x 390 piksel.

Apple Watch akan hadir dalam tiga varian, yakni Standard, Sport, dan Edition, serta beberapa macam pilihan tali dengan desain berbeda.

Apple Watch dibanderol dengan kisaran harga 349 dollar AS atau Rp 3,5 juta untuk cangkang berbahan aluminium, 500 dollar AS atau Rp 6,3 juta untuk bahan stainless steel dan kristal safir, hingga ribuan dollar AS untuk bahan emas.

Perangkat ini bakal dipamerkan di Apple Store mulai 10 April mendatang dan dijual mulai 24 April.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Wired


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.