Apple Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Iklan Watch

Kompas.com - 10/04/2015, 15:37 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple tampak sangat serius dalam memasarkan produk teranyarnya, Watch. Buktinya, perusahaan yang berpusat di Cupertino ini sudah menggelontorkan dana sangat besar untuk mengiklankan perangkat tersebut.

Menurut data yang dilansir oleh iSpot.tv, firma yang melacak iklan TV dan respon digital di Amerika Serikat, Apple setidaknya menghabiskan dana sebesar 38 juta dollar AS atau sekitar Rp 490 miliar untuk menayangkan iklan Watch di prime time TV AS.

Nilai tersebut dianggap sangat besar, bahkan bagi Apple sendiri, mengingat iklan-iklan TV tersebut baru mulai ditayangkan sejak acara peluncurannya pada 9 Maret 2015 atau sekitar satu bulan.

Nilai tersebut memang lebih kecil dari uang yang dikeluarkan oleh Apple untuk mengiklankan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple dikatakan merogoh dana marketing hingga 42 juta dollar AS untuk kedua perangkat tersebut.

Akan tetapi, nilai tersebut dikeluarkan dalam kurun waktu yang lebih lama, yakni lima bulan.

Mengapa Apple rela mengeluarkan uang sebanya itu untuk Watch? Menurut Alex Gauna, seorang analis dari JMP, Apple sengaja mengiklankan Watch habis-habisan karena jenis perangkat itu masih relatif baru dan kurang familiar.

Setidaknya, perangkat tersebut ingin lebih dikenal terlebih dahulu, bahkan sebelum dijual secara resmi.

"Apple Watch, yang merupakan kategori produk baru masih kurang familiar, masuk akal bahwa mereka mengejarnya dengan lebih intense," katanya, seperti KompasTekno kutip dari Reuters, Jumat (10/4/2015).

Apple Watch sendiri merupakan produk pertama dari Apple yang dikembangkan di bawah CEO Apple Tim Cook. Sebelumnya, produk-produk yang dirilis Apple meruakan buah pemikiran sang pendiri, almarhum Steve Jobs.

Apple Watch akan hadir dalam tiga varian, yakni Standard, Sport, dan Edition, serta beberapa macam pilihan tali dengan desain berbeda.

Apple Watch dibanderol dengan kisaran harga 349 dollar AS atau Rp 3,5 juta untuk cangkang berbahan aluminium, 500 dollar AS atau Rp 6,3 juta untuk bahan stainless steel dan kristal safir, hingga ribuan dollar AS untuk bahan emas.

Perangkat ini bakal dipamerkan di Apple Store mulai 10 April mendatang dan dijual mulai 24 April.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.