Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Iklan Watch

Kompas.com - 10/04/2015, 15:37 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Apple tampak sangat serius dalam memasarkan produk teranyarnya, Watch. Buktinya, perusahaan yang berpusat di Cupertino ini sudah menggelontorkan dana sangat besar untuk mengiklankan perangkat tersebut.

Menurut data yang dilansir oleh iSpot.tv, firma yang melacak iklan TV dan respon digital di Amerika Serikat, Apple setidaknya menghabiskan dana sebesar 38 juta dollar AS atau sekitar Rp 490 miliar untuk menayangkan iklan Watch di prime time TV AS.

Nilai tersebut dianggap sangat besar, bahkan bagi Apple sendiri, mengingat iklan-iklan TV tersebut baru mulai ditayangkan sejak acara peluncurannya pada 9 Maret 2015 atau sekitar satu bulan.

Nilai tersebut memang lebih kecil dari uang yang dikeluarkan oleh Apple untuk mengiklankan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple dikatakan merogoh dana marketing hingga 42 juta dollar AS untuk kedua perangkat tersebut.

Akan tetapi, nilai tersebut dikeluarkan dalam kurun waktu yang lebih lama, yakni lima bulan.

Mengapa Apple rela mengeluarkan uang sebanya itu untuk Watch? Menurut Alex Gauna, seorang analis dari JMP, Apple sengaja mengiklankan Watch habis-habisan karena jenis perangkat itu masih relatif baru dan kurang familiar.

Setidaknya, perangkat tersebut ingin lebih dikenal terlebih dahulu, bahkan sebelum dijual secara resmi.

"Apple Watch, yang merupakan kategori produk baru masih kurang familiar, masuk akal bahwa mereka mengejarnya dengan lebih intense," katanya, seperti KompasTekno kutip dari Reuters, Jumat (10/4/2015).

Apple Watch sendiri merupakan produk pertama dari Apple yang dikembangkan di bawah CEO Apple Tim Cook. Sebelumnya, produk-produk yang dirilis Apple meruakan buah pemikiran sang pendiri, almarhum Steve Jobs.

Apple Watch akan hadir dalam tiga varian, yakni Standard, Sport, dan Edition, serta beberapa macam pilihan tali dengan desain berbeda.

Apple Watch dibanderol dengan kisaran harga 349 dollar AS atau Rp 3,5 juta untuk cangkang berbahan aluminium, 500 dollar AS atau Rp 6,3 juta untuk bahan stainless steel dan kristal safir, hingga ribuan dollar AS untuk bahan emas.

Perangkat ini bakal dipamerkan di Apple Store mulai 10 April mendatang dan dijual mulai 24 April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com