Penataan 4G Tahap Dua Dilakukan Tengah Malam

Kompas.com - 12/04/2015, 11:10 WIB
Menkominfo di Kabinet Kerja, Rudiantara Reska K. Nistanto/KompasTeknoMenkominfo di Kabinet Kerja, Rudiantara
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Proses penataan frekuensi 1.800 MHz sudah disepakati mulai pada Mei 2015 mendatang. Operator seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Hutchinson Tri pun sudah sepakat mengenai cluster awal penataan tersebut.

Penataan dilakukan agar frekuensi 1.800 MHz dapat digunakan untuk layanan 4G dan teknologi netral. Totalnya ada 42 cluster yang harus ditata oleh operator.

"Operator sudah sepakat, penataan mulai tanggal 1 Mei dan selesai tanggal 23 November. Penataan mulai dari Maluku, Maluku Utara, terakhir di Jabotabek," ujar Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan dalam pesan singkat ke KompasTekno, Sabtu (11/4/2015).

Sebelumnya dalam kesempatan berbeda, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Rudiantara mengatakan alasan penggunaan metode cluster adalah meminimalkan gangguan yang bisa terjadi. Selain itu, operator juga sepakat untuk melakukan penataan mulai dari tengah malam saat jumlah pengguna aktif jauh lebih sedikit.

"Pelaksanaannya mulai tengah malam untuk mencegah risiko. Jadi saat tengah malam dilakukan, lalu diukur tingkat keberhasilan dan kegagalannya," terang pria yang akrab disapa Chief RA itu.

"Misalkan ada berapa puluh persen berhasil, maka migrasi hari itu dilanjutkan sampai selesai. Kalau ada berapa persen yang gagal, maka mesti dihentikan dulu," imbuhnya.

Migrasi tersebut pun rencananya dilakukan bergantian antar operator dengan pembagian tiga hari dalam sepekan. Hari pertama, dua operator akan melakukan migrasi, lalu hari ketiga dua operator lagi, dan hari kelima operator lainnya. Metode itu dikenal dengan istilah step-wise.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X