Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kepercayaan Marissa Mayer Hengkang dari Yahoo

Kompas.com - 13/04/2015, 08:42 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Mike Kerns, Senior Vice President Yahoo, akan segera meninggalkan perusahaan yang bergerak di bidang internet ini. Ia akan menjadi salah satu petinggi pertama Yahoo yang meninggalkan perusahaan.

Keputusan Kerns untuk hengkang bisa jadi pukulan yang cukup telak bagi CEO Yahoo Marissa Mayer. Pasalnya, Kerns disinyalir sebagai salah satu orang yang dipercayai untuk memimpin perusahaan bersama dengan Mayer.

Keputusan oleh Kerns untuk angkat kaki sendiri sudah diumumkan melalui akun Twitter resminya.

"Lima tahun yang luar biasa, belajar banyak dan bertemu/bekerja dengan orang yang hebat. Telah membuat dampak yang positif dan tidak sabar untuk melihat apa yang akan terjadi berikutnya," kicau Kerns.

Pada awalnya, banyak yang tidak menyangka bahwa Kerns akan bertahan begitu lama di Yahoo. Alasannya, ia merupakan salah satu orang kepercayaan dari CEO sementara Yahoo kala itu, Ross Levinsohn.

Saat menjabat menjadi CEO, Mayer diketahui "menyingkirkan" banyak orang kepercayaan Levinsohn. Di luar dugaan, Mayer mempertahankan Kerns.

Seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Sabtu (11/4/2015), Kerns sendiri sebenarnya sudah ingin hengkang pada tahun 2013 lalu, satu tahun setelah kedatangan Mayer.

Akan tetapi, atas beberapa pertimbangan, Mayer mencoba mempertahankan Kerns dengan mengangkatnya menjadi Senior Vice President dan memberikannya banyak tanggung jawab, termasuk untuk produk video, berita, dan produk media lainnya.

Sebelum menjadi Senior Vice President, Kerns bertanggung jawab atas proses desain ulang dari homepage Yahoo

Mayer, menurut klaim seorang sumber, dikatakan mempercayai Kerns karena memiliki sifat yang sangat percaya diri yang tinggi.

Hubungan Kerns dan Mayer dikabarkan sempat mendingin beberapa bulan lalu. Salah satu penyebabnya, masih menurut sumber, keduanya punya pandangan yang berbeda pada produk Tumblr.

Akibatnya CEO wanita Yahoo itu sudah menyerahkan beberapa tanggung jawab yang diemban Kerns ke Simon Khalaf, CEO Flurry, startup yang diakuisisi Yahoo tahun lalu.

Khalaf sendiri dikatakan oleh pihak Yahoo akan menggantikan peran Kerns di masa yang akan datang.

"Mike Kerns telah memutuskan untuk kembali ke akar wiraswastanya dan akan tetap bersama Yahoo hingga akhir April untuk memastikan transisi yang mulus ke Simon Khalaf, mantan CEO Flurry, yang akan menjalankan peran baru memimpin inisiasi platform publishing kami," kata seorang jurubicara Yahoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com