Kompas.com - 13/04/2015, 10:35 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah menjual divisi mobile, termasuk bisnis smartphone, Nokia dikabarkan oleh seorang sumber siap menjual divisi penting lainnya. Menurut kabar, perusahaan asal Finlandia itu sedang menjajaki peluang untuk menjual divisi peta digital, Here.

Menurut sang sumber yang tidak mau disebutkan namanya ini, seperti KompasTekno kutip dari Bloomberg, Sabtu (11/4/3025), tujuan penjualan divisi tersebut agar Nokia bisa lebih berfokus ke bisnis jaringan wireless atau nirkabel.

Divisi peta digital tersebut pun tampaknya cukup diminati oleh perusahaan-perusahaan besar, baik dari industri teknologi informasi hingga dunia otomotif.

Salah satu perusahaan yang diduga telah menyatakan ketertarikannya adalah Uber Technologies. Perusahaan yang sedang naik daun tersebut bergerak di bidang penyewaan mobil melalui aplikasi di smartphone.

Selain Uber, masih menurut sang sumber, pabrikan mobil asal Jerman juga sudah menyatakan keinginannya untuk membeli divisi Here dari Nokia tersebut.

Tidak disebutkan pabrikan mana yang tertarik, meski nama seperti BMW, Mercedes-Benz, atau Volkswagen Group diduga sebagai pihak tersebut.

Untuk mendapatkan divisi peta itu, perusahaan calon pembeli diharuskan merogoh kocek yang cukup dalam. Nilai valuasi dari Here saat ini ada di angka 2,1 miliar dollar AS.

Akan tetapi, nilai tersebut sudah turun jauh. Saat ingin memulai bisnis peta ini, Nokia mengeluarkan dana sebesar 8,1 miliar dollar AS untuk mengakuisisi perusahaan Navteq, pihak pengembang di balik Here.

Nokia sendiri dikatakan memang berkeinginan untuk menjual divisi peta tersebut. Namun, apabila tawaran harga dari calon pembeli dianggap kurang memenuhi persyaratan, Nokia akan membatalkan niatnya untuk menjual Here.

Saat ini, aplikasi Here sudah digunakan lebih dari 2,5 juta pengguna.

Apliksi tersebut tersedia secara pre-installed di produk Microsoft Lumia. Selain itu, ia juga sudah bisa diunduh di perangkat berbasis Android dan iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.