Pelanggan 4G Doyan Video, Operator Untung atau Rugi?

Kompas.com - 13/04/2015, 14:51 WIB
4G LTE dari Telkomsel sudah bisa dirasakan di kota Medan Telkomsel4G LTE dari Telkomsel sudah bisa dirasakan di kota Medan
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
MEDAN, KOMPAS.com - Jaringan 4G LTE berkecepatan tinggi yang telah digelar oleh beberapa operator seluler Tanah Air membuat pelanggan jadi doyan nonton streaming video. Kebiasaan ini apakah menguntungkan atau merugikan operator seluler?

Hal ini dinilai menguntungkan oleh Telkomsel, salah satu operator yang baru meresmikan layanan 4G LTE di kota Medan, Sumatera Utara, akhir pekan lalu.

"Payload (penggunaan data) oleh pelanggan 4G LTE naik 150 persen dibandingkan 3G, sementara revenue naik 30 persen," ujar Direktur Penjualan Telkomsel Mas'ud Khamid saat ditemui Kompas Tekno usai acara peluncuran 4G LTE operator seluler tersebut di Lapangan Merdeka, Medan (12/4/2015).

Mas'ud menilai tingginya konsumsi data pelanggan 4G LTE Telkomsel didorong oleh perubahan kebiasaan ketika mendapat akses ke jaringan berkecepatan tinggi itu, khususnya terkait streaming konten video dari layanan-layanan macam YouTube.

"Meskipun pricing dengan 3G sama, tapi kan orang makin haus. Yang tidak biasa nonton jadi nonton, tidak biasa download jadi download, lalu ada juga latency yang lebih kecil dibanding 3G," lanjut Mas'ud.

Andalan

Layanan data, khususnya 4G LTE, menjadi andalan Telkomsel untuk mendongkrak pertumbuhan di masa depan.

Untuk mendorong konsumsi data pelanggan, operator seluler ini berupaya mengalihkan pelanggan yang masih menggunakan feature phone agar memakai smartphone, antara lain lewat menjalin kemitraan dengan 30 merek pabrikan smartphone dan jaringan distribusi.

"Kita hanya bisa tumbuh dengan layanan data, dan itu datangnya dari smartphone, yang 3G dan 4G. Kita sudah bangun jaringan, sayang bila tidak terpakai. Jaringan 4G LTE juga sudah rollout," kata Vice President Pre-paid and Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani dalam sebuah sesi wawancara di Medan, Sabtu (11/4/2015).

Jaringan 4G LTE Telkomsel sendiri hingga kini sudah resmi digelar di lima kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Medan.

Makassar dan Menado di Sulawesi dijadwalkan sudah mendapat layanan 4G LTE Telkomsel sebelum akhir tahun ini. Pihak Telkomsel memperkirakan jaringan 4G LTE miliknya akan mencakup seluruh wilayah Indonesia pada 2018 mendatang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.