Instagram Jadi Galeri Karya Visual Seniman Muda Indonesia

Kompas.com - 13/04/2015, 16:41 WIB
Salah satu karya Azer Dok. Pribadi AzerSalah satu karya Azer
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - "Liat tuh, awannya lagi Instagram banget!"."Iya, ini makanya mau difoto".

Begitu cuplikan obrolan sepasang remaja di salah satu komik karya Reza Mustar alias Azer. Menurut dia, media sosial tak ubahnya tren yang melekat dalam keseharian masyarakat saat ini. Dari situ, muncul pola-pola tertentu pada penggunaannya.

Misalnya pola penggunaan Instagram seperti yang diilustrasikan Azer. Sepasang remaja tak cukup puas menikmati awan indah. Mereka "harus" membidiknya untuk kemudian dipublikasikan ke akun Instagram. Adapula pola memotret makanan sebelum dimakan untuk dipamerkan di akun Instagram.

Nah, "keseharian" inilah yang menjadi benang merah komik-komik ciptaan Azer. Tak melulu soal tren media sosial, namun juga kondisi politik, sosial, budaya, dan pengalaman pribadinya. Semuanya dibungkus dengan guyonan bernada satir dalam akun Instagram @komikazer.

Kenapa Instagram?

Dok. Pribadi Azer Azer, komikus di balik akun @komikazerq
Sejak 2013, Azer aktif menggunakan Instagram. Platform tersebut dijadikan galeri yang menghimpun karya-karya pria lulusan IKJ ini. Jika dibandingkan dengan media sosial lain, Azer menganggap Instagram lebih mumpuni dalam konteks publikasi karya.

Pasalnya, Azer pernah menjadikan blog personal sebagai platform utama menyalurkan karya-karyanya. Tapi, respon yang diterima tak sebanyak di Instagram. Kecenderungan masyarakat sekarang yang lebih intim dengan gawai dibandingkan komputer dianggap Azer sebagai pemicunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Blog hakikatnya dibuka di komputer, sedangkan Instagram adalah layanan yang aksesnya lebih fokus pada gawai. Nyatanya, saat hijrah ke Instagram, karya Azer lebih bisa diterima dan menjadi viral.

Kekuatan Instagram sebagai platform berkarya juga dirasakan seniman sekaligus ilustrator Eko Meinanto. Sejak 2013 akhir, Eko membuat akun Instagram @mnnt_.

@mnnt_ Eko Meinanto, seniman dan ilustrator (@mnnt_)
Menurutnya, Instagram lebih praktis, sederhana, dan mengandalkan pendekatan visual. Sehingga, karya-karya visual akan sangat terakomodir di dalamnya.

Lebih spesifik, Eko melihat Instagram sebagai wadah yang aksesnya terbuka sehingga tak ada eksklusivitas bagi orang-orang tertentu dalam menikmati karya. "Kalau di Facebook kita harus berteman dulu baru bisa lihat karya orang," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.