Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibongkar, "Harga Asli" Galaxy S6 Edge Terungkap

Kompas.com - 15/04/2015, 13:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Re/code
KOMPAS.com — Sebagai perangkat yang bercokol di posisi teratas hierarki smartphone Samsung, sudah barang tentu Galaxy S6 Edge dihargai relatif mahal. Ponsel pintar ini, misalnya, dijual seharga Rp 12,5 juta (versi 64 GB) dalam sesi pre-order di Indonesia.

Namun, berapa "harga sebenarnya" dari smartphone tersebut? Firma riset IHS berupaya menemukan jawabannya dengan membongkar aneka hardware Galaxy S6 Edge 64GB versi Verizon dan mencari tahu harga masing-masing komponen.

Dari sini, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Re/code, Rabu (15/4/2015), diperkirakan bahwa Galaxy S6 Edge 64GB membutuhkan biaya produksi sebesar 290 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta, termasuk ongkos perakitan.

Berarti Samsung mengambil margin kotor sebesar Rp 8,7 juta dengan mengacu pada harga Galaxy S6 Edge di Indonesia sebesar Rp 12,5 juta.

Business Wire Foto pembongkaran komponen-komponen Galaxy S6 Edge yang dilakukan oleh IHS

Tentu, perlu ditambahkan bahwa perkiraan harga di atas, yang dikenal dengan istilah bill of materials, baru belum termasuk komponen-komponen biaya lain yang tak kalah penting, seperti ongkos pemasaran, distribusi, serta riset dan pengembangan.

IHS menyebutkan bahwa Galaxy S6 Edge merupakan model smartphone dengan biaya produksi terbesar yang pernah dibuat Samsung.

Bagian termahal dari smartphone ini adalah layar melengkung yang diperkirakan membutuhkan ongkos pembuatan sebesar 85 dollar AS, disusul prosesor Exynos 7 (29,5 dollar AS), RAM DDR4 3 GB (27 dollar AS), dan media penyimpanan 64 GB (25 dollar AS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com