Dibongkar, "Harga Asli" Galaxy S6 Edge Terungkap

Kompas.com - 15/04/2015, 13:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sebagai perangkat yang bercokol di posisi teratas hierarki smartphone Samsung, sudah barang tentu Galaxy S6 Edge dihargai relatif mahal. Ponsel pintar ini, misalnya, dijual seharga Rp 12,5 juta (versi 64 GB) dalam sesi pre-order di Indonesia.

Namun, berapa "harga sebenarnya" dari smartphone tersebut? Firma riset IHS berupaya menemukan jawabannya dengan membongkar aneka hardware Galaxy S6 Edge 64GB versi Verizon dan mencari tahu harga masing-masing komponen.

Dari sini, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Re/code, Rabu (15/4/2015), diperkirakan bahwa Galaxy S6 Edge 64GB membutuhkan biaya produksi sebesar 290 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta, termasuk ongkos perakitan.

Berarti Samsung mengambil margin kotor sebesar Rp 8,7 juta dengan mengacu pada harga Galaxy S6 Edge di Indonesia sebesar Rp 12,5 juta.

Business Wire Foto pembongkaran komponen-komponen Galaxy S6 Edge yang dilakukan oleh IHS

Tentu, perlu ditambahkan bahwa perkiraan harga di atas, yang dikenal dengan istilah bill of materials, baru belum termasuk komponen-komponen biaya lain yang tak kalah penting, seperti ongkos pemasaran, distribusi, serta riset dan pengembangan.

IHS menyebutkan bahwa Galaxy S6 Edge merupakan model smartphone dengan biaya produksi terbesar yang pernah dibuat Samsung.

Bagian termahal dari smartphone ini adalah layar melengkung yang diperkirakan membutuhkan ongkos pembuatan sebesar 85 dollar AS, disusul prosesor Exynos 7 (29,5 dollar AS), RAM DDR4 3 GB (27 dollar AS), dan media penyimpanan 64 GB (25 dollar AS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Re/code


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.