Membandingkan Ongkos Produksi Galaxy S6 Edge dan iPhone 6 Plus

Kompas.com - 15/04/2015, 16:40 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Galaxy S6 Edge dalam acara di Jakarta (8/4/2015)

KOMPAS.com - Firma riset IHS mempreteli Galaxy S6 Edge versi 64 GB dan memperkirakan bahwa komponen-komponen (bill of materials) ponsel flagship dari Samsung tersebut seluruhnya berharga 290 dollar AS atau sekitar Rp 3,8 juta.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Re/code, Rabu (15/4/2015), angka itu ternyata lebih besar dibandingkan ponsel andalan dari Apple, iPhone 6 Plus yang diestimasi memerlukan biaya pembuatan sebesar 240 dollar AS.

Meski ongkos produksinya lebih tinggi, laporan IHS turut menunjukkan bahwa harga jual Galaxy S6 Edge 64 GB justru lebih rendah dibandingkan iPhone 6 Plus 64 GB di wilayah AS, yakni 800 dollar AS berbanding 850 dollar AS.

"Samsung mengikuti Apple dengan memakai komponen-komponen seperti cangkang logam dan beberapa elemen desain lain yang mirip dengan Apple," ujar analis IHS Andrew Rassweiler.

"Pada akhirnya ponsel ini (Galaxy S6 Edge) harga jualnya ke konsumen lebih murah dibanding iPhone tapi biaya pembuatannya lebih tinggi buat Samsung, lanjut dia.

IHS
Breakdown bill of materials dari Galaxy S6 Edge dan iPhone 6 Plus

Dari angka-angka di atas, Apple tampaknya mengambil margin kotor yang lebih besar dibandingkan Samsung, dalam hal iPhone 6 Plus 64 GB dan Galaxy S6 Edge 64 GB.

Perlu ditambahkan bahwa perkiraan-perkiraan ongkos bill of materials tersebut belum mencakup komponen-komponen biaya lain seperti pemasaran, distribusi, serta riset dan pengembangan.

Margin dari memori

Menurut IHS, Galaxy S6 Edge merupakan ponsel seri Galaxy S paling mahal yang pernah dibuat oleh Samsung.

Komponen termahal dari smarpthone ini adalah layar melengkungnya yang berharga 85 dollar AS, lebih tinggi 24 dollar AS dibandingkan layar konvensional pada saudaranya, Galaxy 6.

Halaman:
Sumber Re/code


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.