Kompas.com - 15/04/2015, 22:22 WIB
CEO Huawei Consumer Business Gropu Richard Yu memperkenalkan smartphone Android Ascend P8 di London, Rabu (15/4/2015). Wicak Hidayat/Kompas.comCEO Huawei Consumer Business Gropu Richard Yu memperkenalkan smartphone Android Ascend P8 di London, Rabu (15/4/2015).
|
EditorReza Wahyudi
LONDON, KOMPAS.com - Huawei resmi merilis smartphone Android terbarunya, P8 dalam sebuah acara peluncuran di Old Billingsgate, London, Inggris, Rabu (15/4/2015).

"Hari ini Huawei merilis P8. Kami berharap ponsel ini bisa memacu kreativitas," kata Richard Yu, Consumer Business Group Huawei dalam acara peluncuran yang dihadiri langsung jurnalis KompasTekno, Wicak Hidayat.

Smartphone flagship Huawei ini merupakan seri penerus dari P7 yang diluncurkan oleh vendor asal Tiongkok tersebut pada 2014 lalu.

Dari segi desain fisik, Huawei P8 hadir dengan kesan yang premium. Ia memiliki desain unibody berbahan metal. Perangkat ini pun tampak langsing dengan ketebalan hanya 6,4 mm.

Huawei mengklaim kamera P8 setara kamera DSLR berkat disematkannya chip kamera mandiri 13 megapiksel bernama Image Signal Processor. Chip kamera itu, menurut klaim Richard, setara dengan chip yang biasa digunakan di kamera SLR.

Sekadar catatan, biasanya chip kamera yang ada di smartphone lain sudah disatukan atau tergabung dalam System on Chip (SoC).

Chip tersebut dikatakan dapat membantu mengurangi noise saat pengambilan gambar rendah cahaya dan menghasilkan exposure, serta white balance yang lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ada juga sebuah sensor yang dinamakan 4 color RGBW (Red Green Blue White). Pada umumnya, sebuah kamera di smartphone dilengkapi dengan sensor warna RGB.

Sensor empat warna tersebut dikatakan Richard dapat membantu meningkatkan hingga 32 persen tingkat kecerahan pada gambar dengan kontras tinggi dan mengurangi hingga 78 persen noise warna dalam cahaya rendah.

"Ini merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi sensor 4 color RGWB," ujar Richard. Untuk kamera depannya sendiri, digunakan sensor 8 megapiksel.

Huawei P8 dilengkapi dengan layar berbentang 5,2 inci. Layar tersebut menutupi perangkat tersebut hingga 78,3 persen tubuhnya.

Dari segi spesifikasi internal, Huawei P8 bakal dilengkapi dengan prosesor Kirin 930 64-bit 2 GHz octa-core yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB. Untuk masalah media penyimpanan, ada dua pilihan yang tersedia, yakni 16 GB dan 64 GB.

Perangkat ini berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop yang dipercantik dengan tampilan antarmuka EMUI 3.1.

Produk tersebut juga dilengkapi dengan baterai 2.680 mAh yang diklaim dapat bertahan hidup selama seharian penuh, meski dipakai dengan intensitas tinggi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.