Aksi Curang Pecatur Profesional Dibantu iPhone di Toilet

Kompas.com - 16/04/2015, 11:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seorang pecatur asal Georgia, Grand Master Gaioz Nigalidze, ketahuan berbuat curang dalam sebuah pertandingan internasional. Ia diketahui menggunakan sebuah aplikasi dalam iPhone sebagai alat bantu memenangkan pertandingan.

Seperti KompasTekno kutip dari Mashable, Rabu (15/4/2015), kisah ini bermula ketika Tigran Petrosian, seorang Grand Master asal Armenia, melaporkan Nigalidze kepada panitia pertandingan Dubai Open, kompetisi yang sedang dijalani kedua Grand Master tersebut.

Petrosian mengeluhkan, Nigalidze terlalu sering meminta izin untuk ke toilet. Tidak lama, diketahui juga bahwa Nigalidze selalu menggunakan bilik yang sama setiap kali ke kamar kecil. Setelah diselidiki, ditemukan sebuah iPhone yang diletakkan dalam tempat sampah di bilik tersebut.

Awalnya, Nigalidze menyanggah bahwa iPhone tersebut miliknya. Akan tetapi, pihak panitia menemukan kejanggalan baru, iPhone tersebut ternyata sedang login ke akun Facebook Nigalidze.

Selain itu, ditemukan sebuah aplikasi catur, memperlihatkan posisi bidak catur yang serupa dengan permainan berjalan saat itu. Tidak dijelaskan apa fungsi aplikasi tersebut. Tampaknya, aplikasi tersebut digunakan untuk memberikan saran langkah dari permainan.

Mashable Langkah yang dijalaninya sama persis dengan yang ada di aplikasi
Kala pertandingan itu, Nigalidze dan Petrosian sedang berada di ronde keenam dalam kompetisi berhadiah 12.000 dollar AS bagi sang jawara.

Setelah ketahuan "mempercayakan" langkah buah catur pada iPhone, bagaimana dengan nasib Nigalidze? Saat ini kasus tersebut sedang ditangani oleh Federasi Catur Internasional. Jika terbukti bersalah, ia akan dilarang untuk mengikuti acara resmi catur selama tiga tahun mendatang.

Kasus yang dihadapi oleh Nigalidze sendiri bukan yang pertama untuk urusan kecurangan dengan memanfaatkan teknologi di Dubai Open. Di tahun 2008, seorang pecatur dari Iran dicekal setelah ketahuan menerima pesan SMS dari penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut dari internet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.