Kompas.com - 16/04/2015, 13:02 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Windows 10 untuk perangkat smartphone dilengkapi sebuah fitur unik yang dipastikan bakal sangat membantu penggunanya. Fitur tersebut mengizinkan pengguna untuk mengubah ukuran keyboard agar ia bisa mengetik hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Fitur tersebut didemokan melalui sebuah video yang ada di situs Windows Central. Pihak situs tersebut mengaku, fitur yang ada di video dibuat berdasarkan sistem operasi Windows 10 Technical Preview untuk ponsel. Kemungkinan, fitur itu akan tetap hadir di Windows 10 versi final.

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah. Berdasarkan video tersebut, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Selasa (14/4/2015), pengguna hanya perlu menahan tombol Setting keyboard (terletak di tombol "&123").

Kemudian, akan muncul beberapa pengaturan yang membuat keyboard dipindahkan ke bagian kanan atau kiri layar.

Harapannya, keyboard "satu tangan" ini bisa digunakan siapa saja, baik itu yang cenderung menggunakan tangan kanan atau tangan kiri (kidal).

Saat masuk ke mode itu, ukuran tombol keyboard virtual ini akan mengecil. Dengan cara ini, pengguna dapat meraih semua tut dengan mudah hanya menggunakan jempol tangan.

Fitur mengetik menggunakan satu tangan ini akan cocok bagi perangkat yang memiliki layar berukuran besar.

Akan tetapi, hal tersebut tergantung dengan bobot perangkat. Semakin berat sebuah perangkat, tentunya akan semakin sulit juga mengetik menggunakan sebelah tangan.

Fitur keyboard ini pun tampaknya hanya akan diaplikasikan di perangkat dengan layar besar saja. Sebagai contoh, Lumia 1520 yang memiliki bentang layar 6 inci kemungkinan akan mendapatkannya.

Sementara itu, Lumia 635 dengan layar 4,5 inci kemungkinan tidak akan dilengkapi fitur tersebut.

Berikut video pengujian dari Windows Central.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.