Ponsel Android Hilang? Bisa Dicari dengan "Googling"

Kompas.com - 16/04/2015, 13:33 WIB
Fitur baru Google ini memudahkan pengguna smartphone Android menemukan perangkatnya yang hilang GoogleFitur baru Google ini memudahkan pengguna smartphone Android menemukan perangkatnya yang hilang
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jika smartphone Android Anda menghilang, Google sudah punya cara baru untuk membantu menemukannya. Kini, pengguna bisa menggunakan layanan search engine milik raksasa internet tersebut untuk mencari perangkat yang hilang.

Cara untuk memanfaatkan fitur baru ini sangat mudah. Pengguna cukup membuka situs pencarian Google (bisa melalui Google.com atau Google.co.id), kemudian mengetik kata "Find My Phone" di kotak pencarian.

Pada peramban versi terbaru, nyaris semua pengembang sudah mengatur agar kotak URL atau tautan dapat juga digunakan untuk melakukan pencarian/search engine.

Nah, kotak URL tersebut diatur sebagai mesin pencari dari Google, pengguna juga bisa langsung mengetikkan kalimat "find my phone" untuk memanfaatkan fitur pencarian baru ini.

Seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Kamis (16/4/2015), setelah pengguna mengetik kalimat tersebut, akan muncul sebuah peta yang menunjukkan lokasi perangkat Android.

Pengguna juga bisa mengklik kata "Ring" agar perangkat berbunyi. Ketika menggunakan fitur yang satu ini, volume perangkat akan dibuat maksimal dan perangkat akan berdering selama lima menit penuh.

Untuk memanfaatkan fitur baru ini, pengguna Android cukup memperbarui (update) aplikasi Google yang ada di perangkat Android-nya. Pengguna juga diharuskan untuk login atau verifikasi akun Google saat pertama kali menggunakan fitur tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google sejatinya sudah memiliki sebuah platform untuk menemukan perangkat Android yang hilang. Platform tersebut dinamakan Android Device Manager.

Fungsinya memang sama, tetapi mengakses Android Device Manager memang sedikit lebih ribet ketimbang dengan fitur baru tersebut. Pengguna harus mengakses situs platform tersebut, https://www.google.com/android/devicemanager, untuk menggunakannya.

Meski lebih ribet, Android Device Manager menawarkan fungsi yang lebih banyak. Selain bisa membuat perangkat berdering, pengguna juga bisa mengunci dan menghapus data dari perangkat.

Kemungkinan besar, Google merilis fitur penemuan baru tersebut bagi pengguna yang ingin mencari perangkatnya secara cepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X